Home » , » KPU Propinsi Ingatkan Para Celeg “Hari Tenang Yang Tidak Bikin Tenang”

KPU Propinsi Ingatkan Para Celeg “Hari Tenang Yang Tidak Bikin Tenang”

Written By yun ciamis on 24 March 2014 | 2:28 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Untuk kelancaran dan suksesnya pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014, Komisioner KPU Propinsi Jawa Barat yang juga Divisi Teknik Penyelenggaraan Pemilu, Endun Abdul Haq, M.Pd mengingatkan kepada para calon anggota legislatif dan parpol peserta Pemilu agar tidak melakukan tindak pidana Pemilu, terutama dalam hal suap menyuap untuk mendulang suara.

“Sudah dijelaskan dalam UU No 8 tahun 2012 tentang Pemilu bahwa peserta Pemilu dalam hal ini partai politik dan calon anggota legislatif (Caleg) yang melakukan upaya money politic, menjanjikan atau memberikan sesuatu yang mempengaruhi pilihan dari pada masyarakat pemilih itu terkena pelanggaran. Bukan hanya pelaku tapi masyarakat yang menerima juga sama-sama melanggar, jadi kedua belah pihak akan diproses,” kata Endun.

Ditambahkannya, prosesnya seperti biasa berdasarkan laporan masyarakat yang melihat atau  mengetahui dan mempunyai bukti, siapa dan kapan. Masyarakat itu melapor ke Panwaslu, nanti Panwaslu akan akan bergerak menindaklanjutinya.

“Bagi pelaku atau pun penerima tetap akan diproses karena keduanya sudah melakukan pelanggaran,” katanya.

Hal itu diungkapkan Endun usai memberikan materi pada sosialisasi Penataan dan Pengisian Anggota DPRD Kab. Ciamis Hasil Pemilu Legislatif 2014, Senin (24/03/14) di Islamic Centre Ciamis seraya menegaskan para parpol dan caleg-nya agar bersikap jangan melanggar aturan.

“Selama ini kami sebagai penyelenggara dituntut oleh tokoh-tokoh parpol menyuruh kita jujur, adil, berintegritas dan harus sesuai aturan dalam menyelenggarakan Pemilu. Nah kami juga mengembalikan kepada mereka agar tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Jangan coba-coba melakukan pelanggaran apalagi suap menyuap untuk mempengaruhi pemilih” katanya.


Menurut Endun, gerakan money politic tersebut harus diwaspadai pada masa tenang terutama menjelang hari “H” pencoblosan. Sehinga harus hati-hati pada hari tenang yang bikin tidak tenang, karena hanya dengan melakukan mempengaruhi pemilih dengan menjanjikan atau memberikan sesuatu sudah termasuk pelanggaran. Apalagi dilakukan pada masa tenang. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com