Home » , » Peluang Besar Nyaleg di Ciamis

Peluang Besar Nyaleg di Ciamis

Written By yun ciamis on 24 March 2014 | 1:56 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Para calon anggota legislatif (Caleg) di Ciamis berpeluang besar untuk menduduki kursi anggota dewan periode 2014-2019 dibanding kab/kota lainnya, mengingat dari total 50 kursi untuk DPRD Kab. Ciamis ditambah dengan 35 kursi DPRD Kab. Pangandaran menjadi total 85 anggota yang akan ditentukan oleh KPU Kab. Ciamis.

“Setelah terpilih 50 kursi, nantinya KPU Ciamis akan menghitung ulang siapa lagi yang lolos menjadi anggota DPRD untuk duduk menggantikan 13 anggota DPRD Kab. Ciamis yang masuk ke Kab. Pangandaran,” kata Ketua KPU Kab. Ciamis, Kikim Tarkim, S.Ag, M.Si usai sosialisasi Penataan dan Pengisian Anggota DPRD Kab. Ciamis Hasil Pemilu Legislatif 2014, Senin (24/03/14) di Islamic Centre.

Dijelaskan Kikim, dalam Pemilu 2014 ini Pangandaran masih menginduk ke Ciamis, sehingga Daerah Pemilihan (Dapil) Ciamis yang sebelumnya lima Dapil bertambah satu menjadi enam dapil, dengan perhitungan dua Dapil (Dapil 5 dan 6) sebanyak 10 kecamatan berada di wilayah Kab. Pangandaran.

Hasil perhitungan suara tetap akan memilih 50 anggota dewan sesuai perolehan suara dari enam Dapil di Kab. Ciamis, kemudian khusus anggota dewan dari Dapil 5 dan 6 sebanyak 13 orang secara otomatis dalam waktu paling lambat dalam empat bulan setelah dilantik menjadi anggota DPRD Kab. Ciamis kembali diambil sumpah dan janjinya untuk menjadi anggota DPRD Kab. Pangandaran, bersamaan dengan 22 anggota dewan lainnya di Pangandaran.

Kemudian, KPU akan menghitung ulang hasil suara untuk menentukan siapa saja yang masuk menjadi anggota dewan, 22 orang untuk Kab. Pangandaran dan 13 orang untuk Kab. Ciamis sebagai pengganti dapil 5 dan 6 yang sudah pindah ke Pangandaran.


Meskipun peluang caleg di Ciamis cukup besar, menurut Kikim, pada kenyataannya dipastikan sangat ketat karena caleg yang terdaftar di Ciamis sebanyak 559 orang terdiri dari Dapil 1, 2, 3 dan 4 sebanyak 415 orang ditambah Dapil 5 dan 6 (Pangandaran) ada 144 orang. (cZ-01)*
Share this article :

1 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com