Home » » Pengalihan PBB-P2 Tingkatkan PAD

Pengalihan PBB-P2 Tingkatkan PAD

Written By yun ciamis on 27 March 2014 | 3:09 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) diharapkan akan lebih meningkat, sehingga Pendapatan Asli daerah (PAD) pun terus meningkat. Apalagi penerimaan pajak tersebut sepenuhnya untuk pembangunan Kab. Ciamis dengan tujuan untuk meningkatkan kesejehteraan masyarakat Tatar Galuh.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin dalam Lounching Pengalihan PBB-P2 dan Peresmian Kantor Kas Bank BJB Komplek Perkantoran Pemkab Ciamis di Gedung Pajak Daerah DPPKAD Kab. Ciamis, Kamis (27/03/14).

Menurut Wabup, sejak 1 Januari 2014 Pemkab Ciamis bersama 411 kab/kota lainnya melaksanakan pelimpahan PBB-2P yang sebelumnya dipungut oleh pusat kini dialihkan ke daerah sesuai dengan  UU No. 28 tahun 2009.

Dengan dilimpahkannya pajak dari pusat ke daerah tersebut memberikan dampak positif  terhadap peningkatan Pandapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya secara segnifikan.

“Pada 2009 PAD Ciamis sebesar Rp44,2 milyar terus meningkat setiap tahunnya hingga 2013 mencapai Rp117,5 milyar,” kata Wabup.

Agar pelaksanaan pengalihan PBB-2P2 berjalan dengan baik dan diharapkan penerimaannya lebih meningkat, Pemkab Ciamis sudah melaksanakan ketentuan yang menjadi tugas dan kewajibannya diantaranya menyiapkan sarana dan prasarana, struktur organisasi dan tata kerja, SDM, Perda, Peraturan Kepala Kaerah dan standar operasional prosedur, termasuk melakukan kerjasama dengan pihak terkait antara lain Kantor Pelayanan Pajak, Perbankan, Kantor Pertanahan dan Notaris/PPAT, serta pembukaan rekening penerimaan PBB-P2 pada bank yang sehat.

“Pemkab sudah menunjuk Bank BJB sebagai bank tempat pembayaran PBB-P2 dan melakukan kerjasama dalam pemungutannya,” katanya.

Wabup berharap, sebagai salah satu upaya BJB untuk mengoptimalkan pelayanan khusunya PBB-P2 dengan memperluas jaringan berupa pembukaan kantor kas yang terintegrasi dengan tempat pelayanan pajak daerah untuk memudahkan wajib pajak mengurus pajaknya.

“Salah satu wujud tersebut dalam lounching PBB-2P ini secara resmi saya buka Kantor  Kas Bank BJB Komplek Perkantoran Pemkab Ciamis dengan harapan mampu melayani masyarakat Tatar Galuh dengan maksimal,” katanya.


Dalam kesempatan tersebut, H. Iing Syam Arifin yang akan dilantik menjadi Bupati Ciamis pada Minggu, 6 April 2014 itu menyempatkan diri melakukan pembayaran PBB rumah dinasnya untuk tahun 2014 di loket pembayaran Gedung Pajak Daerah disaksikan Ketua DPRD, Sekda Ciamis, Dandim Ciamis dan tamu undangan lainnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com