Home » , » Tercatat 42 Penderita HIV-AIDS di 2013

Tercatat 42 Penderita HIV-AIDS di 2013

Written By yun ciamis on 17 March 2014 | 3:45 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Data terbaru berdasarkan catatan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kab. Ciamis, pada 2013 terdapat 42 orang warga Kab. Ciamis dinyatakan positif terkena virus AIDS, jumlah itu termasuk 15 orang berdomisili di Kab. Pangandaran.

Hal itu diungkapkan Sekretaris KPA Kab. Ciamis, H. Akasah, MBA disela sosialisasi penanggulangan HIV-AIDS antara KPA Kab. Ciamis dengan lembaga terkait di RM. MM, Senin (17/03/14).

Menurut Akasah, dari jumlah tersebut sebanyak 27 orang tersebar di 26 kecamatan di Kab. Ciamis dan 15 orang di 10 kecamatan di Kab. Pangandaran. Pihaknya dengan lembaga terkait akan terus melakukan pemantauan dan mengawasi perkembangannya, dan secara prefentif mencegah melalui berbagai media diantaranya melalui tokoh-tokoh agama secara religi.

“Perlu pemahanan dan pentingnya pencegahan terhadap perkembangan virus mematikan tersebut, sehingga kami pun melakukan upaya sosialisasi terutama kepada para siswa di sekolah-sekolah,” kata Akasah.

Ditegaskan Akasah, dari jumlah penduduk Ciamis dan Pangandaran sebanyak 1,6 jiwa saat ini baru ada empat orang konselor dan enam akses layanan di beberapa puskesmas.

“Kedepannya dengan andil dan dukungan pemerintah diharapkan terdapat 10 ekses pelayanan dengan 10 konselor,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin yang juga Ketua Harian KPA Kab. Ciamis menegaskan, tingkat mobilitas tinggi yang didiorong dengan gaya hidup akanmengundang penularan HIV-Aids.

“Penyakit ini kita anggap bagaikan gunung es, saya yakin sehingga dalam penangannya KPA tidak akan mampu bergerak sendiri, sehingga harus melibatkan jajaran pemerintahan,” katanya.

Menurut Wabup, dalam penanganannya SKPD terkait baik secara langsung atau tidak harus berkontribusi terhadap KPA, jika tidak pihaknya merasa prihatin dengan keberadaan KPA.


“Mari kita sama-sama berempug apa yang harus dikerjakan dalam rangka memajukan KPA dalam menjalankan tugasnya melaksanakan peningkatan upaya pencegahan dan penanggulangan Aids yang lebih intensif, menyeluruh, terpadu dan terkoordinasi,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

1 komentar:

  1. perbandingan 1 penderita hiv - 100 pelaku sex bebas,jadi 25 penderita = 2500 pelaku sex bebas di ciamis....

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com