Home » , » Nasdem Tuntut Pemilu Ulang di Pangandaran

Nasdem Tuntut Pemilu Ulang di Pangandaran

Written By yun ciamis on 14 April 2014 | 5:51 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Diduga adanya praktek politik uang saat pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 di wilayah Kab. Pangandaran tepatnya Dapil 5 dan 6 Kab. Ciamis, Partai Nasdem menuntut Pemilu ulang di dua Dapil tersebut. Selain itu, KPU setempat melalui rekomendasi Panwaslu agar memberikan sanksi berat terhadap pelaku politik uang.

Demikian diungkapkan Ketua DPW Partai Nasdem Prop. Jawa Barat, Drs. H. Eka Santosa didampingi caleg Nasdem Propinsi Jabar, Drs. H. Subur Dwiono kepada Ketua KPU Kab. Ciamis dan komisioner lainnya saat berkunjung ke kantor KPU Ciamis, Senin (14/04/14).

Sebelumnya, Eka juga menyampaikan hal sama kepada Ketua Panwaslu di kantor Panwaslu menyusul puluhan caleg dari berbagai parpol yang mendatangi kantor Panwaslu yang mempertanyakan kinerja Panwas terkait dugaan praktik politik uang yang terjadi di wilayah Kab. Pangandaran.

Sejumlah caleg memperlihatkan bukti adanya praktik politik uang di Pangandaran dari sejumlah caleg dari parpol tertentu yang memanfaatkan program pemerintah berupa Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Menurut Eka, pratik politik uang dengan memanfaatkan program pemerintah berupa BSM tersebut sangat mencederai demokrasi, sehingga termasuk pada pelanggaran berat dan pelakunya harus dikenakan sanksi dan Pemilu di Pangandaran harus diulang.

“Pangandaran adalah kabupaten baru, jangan dikotori dengan hal-hal yang negatif. Sebagai penggagas pemekaran Kab. Pangandaran saya sangat prihatin adanya pihak-pihak yang mengotori demokrasi di Pangandaran, apalagi dalam waktu dekat akan melaksanakan Pilpres dan pada 2015 akan memilih pemimpin Pangandaran melalui Pilkada,” katanya.

Sementara Ketua Panwaslu, Uce Kurniawan menjelaskan, pihaknya menerima semua laporan terutama tentang “BSM” di Pangandaran dan akan menindaklanjutinya sesuai protap yang ada.

“Persoalan demokrasi ini harus lebih baik itu konsentrasi kita, pemilu ini bermartabat dan berkualitas. Kita akan tampung semua menjadi pemasukan yang berharga, semua pelanggaran kami akan tindak lanjuti,” kata Uce.

Diakuinya, pihaknya berterimakasih atas semua suport agar demokrasi lebih baik sebagai vitamin bergerak bersama sama, karena laporan sebagai pintu masuk agar demokrasi lebih baik.

“Soal BSM sebagai sebuah laporan yang bagus bagi kita. Ada mekanisme yang harus ditempuh, kita akan memplenokannya dulu. Pada prinsipnya semua sepakat agar Pemilu bermartabat dan berkualitas dan ini sebagai langkah awal agar Pilpers di Ciamis lancar,” katanya seraya mengakui, malam ini juga Panwas akan melakukan pleno selanjutnya dibawa ke Gakumdu untuk diputus.

Sementara Ketua KPU Kab. Ciamis, Kikim Tarkim menyambut baik kunjungan pihak Nasdem yang menyampaikan keinginannya terkait politik uang agar Pemilu diulang.

“Semua ada prosesnya, kita lihat nanti hasilnya dari Panwaslu seperti apa, selanjutnya kami KPU Kabupaten Ciamis tentu akan berkoordinasi dengan KPU Propinsi dan KPU Pusat setelah ada kepastian dari hasil pleno Panwas,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

1 komentar:

  1. dah rahasia umum itumah pak,ga pakai uang juga belum tentu milih bapak

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com