Home » , » Wayang Ajen Tingkatkan Derajat Pewayangan

Wayang Ajen Tingkatkan Derajat Pewayangan

Written By yun ciamis on 12 April 2014 | 3:35 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Ditangan Dalang Wawan Ajen, wayang golek dinaikan derajatnya dengan berbagai visual yang direalisasikan dijagat pentas Wayang Ajen Kolosal. Hal itu dibuktikan dengan berbagai pagelarannya, khusus untuk pementasan Wayang Ajen Kolosal menyambut kahadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Mari Elka Pangestu, Dalang Wawan “Ajen” Gunawan Putra Panjalu menyuguhkan gelar lakon “Gatotkaca Sang Sinatria” di Alun-alun Panjalu, Kab. Ciamis, Sabtu (12/04/14).

Kepada ciamiszone, Dalang Wawan Ajen mengakui, pagelarannya menyampaikan pesan moral eksistensi persatuan dan kesatuan ada dalam jiwa  kesatria yang mencintai bangsanya dan rakyatnya.

“Banyaknya permasalahan yang dihadapi bangsa ini, baik hambatan, tantangan dan ancaman yang mengganggu ketentraman akan melukai kedaulatan. Hal itu disimbolkan oleh perilaku kejahatan kelompok Kurawa yang oportinus, tetapi bisa diatasi oleh seorang pemimpin bangsa yang mempunyai jiwa dan hati nurani yang tulus, ada dalam sosok Gatotkaca Sang Sinatria sebagai simbol kebajikan dari Amarta,” katanya.

Dalam lakon ini menurut Wawan Ajen, implementasinya ketika Gatotkaca mendapat tekanan dari berbagai hal namun selalu waspada menjadi tokoh pemimpin yang bersikap adil sesuai harapan rakyatnya.

“Selain itu dalam pagelaran juga diwarnai program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang gambaran pariwisata dan ekonomi kreatif yang maju sesuai tujuan mulia ibu Dr. Mari Elka Pangestu,” tegasnya.

Pertunjukan Wayang Ajen Kolosal ini, mencermati makna kekayaan seni wayang golek sunda, memadukan kekuatan tradisi yaitu esensi dan makna nilai kearifan lokal daerah dengan pengembangan teknologi yang membentangkan seni wayang golek sunda ke arah nasional dan internasional.

“Melalui paduan dua kekuatan tersebut menjadikan jarak wayang dan penonton sekarang tidak terpisah, sehingga apa yang dipertunjukan harmonis karena suasana tersebut ada dalam kehidupan sehari-hari yang nyata di masyarakat,” tegasnya.

Sementara Kasi Seni dan Perfilman Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Ciamis, H. Dedi Kusmana, S.Pd berharap, dengan tampilnya Wayang Ajen di Panjalu mampu memberikan aspirasi dan kreasi terhadap putra daerah lainnya untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya lokal.

“Mudah-mudahan Wayang Ajen kedepannya bisa tampil dan ditonton seluruh masyarakat Tatar Galuh sebagai seni budaya asli daerah, dan juga bisa melahirkan dalang-dalang muda seperti Wawan Ajen,” tegasnya.  (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com