Breaking News

Bupati, “Penyebaran HIV-AIDS di Ciamis Mengerikan”

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Penyebaran HIV-AIDS di Kab. Ciamis diakui Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin penigkatannya cukup mengerikan, secara komulatif sampai April 2014 tercatat sebanyak 140 kasus HIV dan 59 AIDS.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis yang juga Ketua KPA Kab. Ciamis, dalam rapat koordinasi Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Tingkat Kab. Ciamis tahun 2014, Senin (19/05/14) di Aula Setda Kab. Ciamis.

Dijelaskannya, catatan kasus tersebut mulai pada 2012 sebanyak 33 kasus (13 di Pangandaran dan 20 di Ciamis), pada 2013 ada 42 kasus dengan rincian 16 di Pangandaran dan 26 Ciamis, sementara sampai April 2014 tercatat kasus baru sebanyak 9 kasus.

Menurut Bupati, untuk pencegahan dan penanggulangannya diperlukan sarana pendukung yang memadai, koordinasi dengan berbagai lembaga terkait serta sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat, agar masyarakat memahami tentang bahayanya penularan AIDS.

“Mobilitas tinggi merupakan penyebab menyebarnya virus AIDS, maka tugas kita saat ini, menjaga komitmen dalam menekan epidemi HIV/AIDS. Semua ini merupakan tanggung  jawab kita, baik secara moral maupun keimanan, sehingga perlu adanya sosialisasi lebvih aktif kepada masyarakat,” tegasnya.

Dijelaskannya, untuk penanggulangannya KPA juga telah memiliki susunan Pokja (kelompok kerja) dari tiap SKPD dengan harapan semua SKPD mengacu pada target untuk mengendalikan penyebaran dan mulai menurunkan jumlah kasus baru.

“Pokja bukan hanya di SKPD tapi terdapat juga kelompok Warga Peduli HIV/Aid yang suidah tersebar di 10 kecamatan,” katanya.

Dalam rakor yang dihadiri unsur KPA propinsi Jabar itu, hadir juga Sekda Ciamis, H. Herdiat, Sekretaris KPA Kab. Ciamis, H. Akasah, MBA, para Kepala SKPD dan Lsejumlah LSM yang peduli dan bergerak di HIV/Aids. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments