Home » , , » Ciamis Kirim Tim ke Pasanggiri Tingkat Jabar

Ciamis Kirim Tim ke Pasanggiri Tingkat Jabar

Written By yun ciamis on 13 May 2014 | 7:09 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Kabupaten Ciamis dipastikan mengirimkan tim yang terdiri dari tiga mata lomba seni untuk mengikuti Pasanggiri Tari, Musik dan Teater Tingkat Jabar Tahun 2014 di Garut, 17-18 Mei 2014 mendatang.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Ciamis, Dudung Abdulah, S.IP, M.Pd sebagai penanggungjawab tim mengakui, pihaknya sangat antusias terhadap program Propinsi Jabar dibidang kebudayaan yang digaungkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Dedy Mizwar itu.

Diakui Dudung, pihaknya sudah mempersiapkannya sejak tiga pekan lalu dan mentargetkan lolos ke babak berikutnya untuk kembali dipentaskan September mendatang.

“Kab. Ciamis masuk di Wilayah Priangan 1 bersama lima kab/kota lainnya, yaitu Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kab. Pangandaran, Kab. Tasikmalaya dan tuan rumah Kab. Garut,” kata Dudung saat meninjau langsung latihan pergelaran tiga seni tersebut di Kampus SMPN 1 Ciamis, Selasa (13/05/14).

Melihat perkembangan tiga tim seni mata lomba, Dudung sangat optimis Kab. Ciamis mampu mengungguli lima kab/kota lainnya, apalagi tiga mata lomba tersebut kini ditangani praktisi seni budaya putra daerah yang kiprahnya sudah tidak diragukan.

Untuk seni tari dengan penata tari Rachmayati Nilakusumah menampilkan tari kreasi berjudul Pitaloka yang isinya menceritakan kebahagiaan sekaligus kesedihan seorang Dyah Pitaloka saat dilamar Hayam Wuruk namun terjadi tragedi yang mengakibatkan terbunuhnya keluarga Pitaloka sehingga dirinya melakukan bunuh diri.

Sedangkan untuk seni musik dengan aransemen Cucu Muharam menampilkan seni gending kreasi dengan judul Riksa Tatalu sebagai pengembangan musik tradisi yang disesuaikan dengan unsur budaya lokal masa kini.

Sementara untuk pagelaran teater yang disutradarai Noer JM, mengusung tragedi Ronggeng Gunung dengan judul Dewi Samboja yang menceritakan adegan balas dendam Dewi Samboja terhadap Alapati Sang Bajak Laut dan para bajo yang sudah membunuh suaminya, Angkalarang.

Dalam adegan teater ini, tersimpan pesan kepada generasi penerus untuk tetap mempertahankan kesenian tradisi khas Kab. Ciamis, Ronggeng Gunung Bi Raspi. (cZ-01)*  
Share this article :

1 komentar:

  1. Majuuuuu terus kesenian Ciamis (walau maen outdoor dan siang hari)

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com