Home » » Kades Harus Sesuaikan SDM Dengan UU Desa

Kades Harus Sesuaikan SDM Dengan UU Desa

Written By yun ciamis on 05 May 2014 | 12:27 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Keluarnya UU Desa No. 6 tahun 2014 harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) para kepala desa (Kades) dalam peningkatan pemahaman ilmu pengetahuan untuk mengelola pembangunan dan administrasi desa,  karena dengan UU Desa tugas kades jauh lebih berat dibanding sebelumnya, begitu juga dengan Camat, harus lebih pro aktif sebagai pembina pemerintahan desa.

Demikian diungkapkan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin saat memberikan sambutan dalam pelantikan lima kades dari empat kecamatan, Senin (05/05/15) di Gedung PKK Kab. Ciamis.

Menurut Bupati yang kali pertama melantik kepala desa itu, peningkatan SDM bukan hanya kades saja tetapi juga BPD, LPM, perangkat desa dan juga tokoh masyarakat. Semuanya harus menyesuaikan dengan pemberlakuan UU Desa sehingga mampu berkoordinasi dalam pembangunan desa, sehingga wujud pembangunan di desa menjadi aspirasi dari seluruh masyarakat.

“Semua elemen di desa harus kompak, karena kekompakan dalam membangun desa akan menjadi tolak ukur pembangunan di tingkat lebih atas,” kata Bupati.

Bupati mengaku khawatir, jika UU Desa mulai diberlakukan sementara pemahaman, kemampuan SDM yang ada di desa tidak ditingkatkan, nantinya akan timbul ketidakseimbangan kemampuan pengololaan pembangunan desa.

Untuk itu pihaknya sangat menyoroti perhatian khusus terhadap peningkatan SDM di desa dalam rangka mengelola pembangunan  desa, baik perangkat, BPD, LPM dan masyarakatnya harus seimbang dengan bobot dan tanggungjawab yang diberikan oleh pemerintahan kabupaten.

“Apalagi pada 2015 nanti Ciamis akan menggulirkan program baru yaitu Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) berdasarkan pada penilaian jumlah desa yang kini sedang digodok di DPRD. Mudah-mudahan lancar, nantinya disampiang ADD juga akan mendapatkan anggaran lain yang digulirkan ke desa,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meyakini program pusat berupa PNPM Mandiri Perdesaan atau pun Perkotaan meskipun merupakan program terkahir, tapi masih ada harapan pusat tetap akan menggulirkannya dalam bentuk atau nama lain.

“Karena pola pembangunan melalui PNPM sangat luar biasa sentuhannya di masyarakat, walaupun nilai gotongoroyongnya rendah tapi pemikiran, tenaga dan pertanggungjawaban masyarakat sangat luar biasa,” katanya.

Kelima Kepala Desa yang dilantik tersebut antara lain, Kades Ciherang, Dedi Sugiarto, SP dan Kades Sindanghayu, Nanang Hidayat (Kec. Banjarsari), Kades Baregbeg Kec. Lakbok, Rahmat Suhendar, S.IP, Kades Pusakanagara Kec. Baregbeg, Wawan Gani Pranoto dan Kades Gardujaya Kec. Panawangan, Dadang Darmawan. (cZ-01)*
 
Share this article :

1 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com