Home » » Sabet Empat Penghargaan, Ciamis Catat Hactrik Bidang LH

Sabet Empat Penghargaan, Ciamis Catat Hactrik Bidang LH

Written By yun ciamis on 08 May 2014 | 1:31 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Kebanggaan tersendiri bagi Kab. Ciamis yang telah mecatat hactrik dibidang Lingkungan Hidup pada 2013, setelah mendapat empat penghargaan sekaligus, mulai dari Adipura dan Adiwiyata, juga mendapatkan penghargaan dalam Program Menuju Indonesia Hijau yaitu Piagam Raksawiyata dan  Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) khusus untuk Kampung Kuta yang hanya satu-satunya di Jabar.

Selain itu khusus dibidang pengelolaan lingkungan hidup, Kab. Ciamis juga merupakan tiga daerah di Jawa bersama Kab. Karawang dan Wonogiri yang sudah mempunyai Perda tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Perda No. 7 tahun 2014 itu mengatur perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” kata Ass. II Setda Ciamis, Drs. HM. Soekiman saat menerima kunjungan kerja Komisi C DPRD Kab. Sleman di Aula Kantor  Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kab. Ciamis, Kamis (08/05/14).

HM. Soekiman didampingi Kepala BLPH Kab. Ciamis, Unang Danuwarso, S.IP mengatakan, dengan prestasi Ciamis tersebut pihaknya berbagi informasi kepada anggota DPRD Kab. Sleman yang secara khusus melakukan kunjungan kerja ke Ciamis untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan penanganan masalah lingkungan hidup dengan dasar Perda No. 7 tahun 2014.

“Rombongan Kab. Sleman juga meminta informasi tentang bagaimana pengelolaan sampah karena tempat pembuangan akhir sampah di Ciamis terbebas dari lalat,” katanya,

Menurut Soekiman, pihaknya optimis untuk tahun 2014 Kab. Ciamis kembali memperoleh penghargaan Piala Adipura ketujuh kalinya, untuk dipersembahkan sebagai kado Hari Jadi Ciamis 12 Juni mendatang.

“Selain untuk kado Hari Jadi Ciamis ke-372 dibawah pimpinan H. Iing Syam Arifin dan Jeje Wiradinata  juga merupakan kenangan manis Bupati sebelumnya, H. Engkon Komara,” katanya seraya mengakui, penilaian kedua Adipura untuk Kab. Ciamis sudah mengisyaratkan meraih poin diatas 75 sehingga sudah layak kembali memperoleh penghargaan.

Dijelaskan Soekiman, dalam Program Menuju Indonesia Hijau hanya Ciamis dan Kuningan yang memperoleh Piagam Raksawiyata, sementara Ciamis satu-satunya yang memperoleh Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) yaitu Kampung Kuta.


“Penghargaan tersebut diperoleh berkat berkat peran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang mengsiasati dan mengadaptasi bagaimana berubahnya suhu,” tegasnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com