Home » » Bupati Ziarahi Makam Leluhur Ciamis

Bupati Ziarahi Makam Leluhur Ciamis

Written By yun ciamis on 10 June 2014 | 3:38 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Menjelang acara puncak Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-372 tahun 2014 yang tepat pada 12 Juni 2014, Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin dan Wakil Bupati Ciamis, Jeje Wiradinata didampingi Sekda, H. Herdiat, Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana serta unsur Muspida Plus lainnya melakukan ziarah ke makam leluhur Ciamis, Selasa (10/06/14).

Makam leluhur yang disambangi antara lain sejumlah makam mantan Bupati Ciamis, mulai bupati pertama, Rd. Adipati Jaya Negara atau Mas Bongsar di  kawasan Ciwahangan Imbanagara dan makam Rd. Adipati Wiradikusumah di Cigadung.

Dari Banagara rombongan melanjutkan ziarah ke Ciamis Kota yaitu ke Jambansari tempat bersemayamnya Kanjeng Prebu atau Rd. Adipati Kusumahdiningrat yang telah berjasa membangun infrastruktur di Ciamis mulai jalan kereta sampai ke sejumlah gedung pemerintahan. Masih di Ciamis Kota, makam mantan Bupati Ciamis, Rd. Adipati Aria Koesoemah Soebrata menjadi lokasi yang dikunjungi.

Selanjutnya rombongan mengakhiri ziarahnya di Astana Gede Kawali, di makam makam Rd. Adipati Singacala yang sudah berjasa menyebarkan agama Islam dan menjalankan tugas memerintah Kawali di zamannya.

Usai berziarah, sejumlah pentas seni disuguhkan di Halaman Pintu Masuk Situs Astana Gede yang selain melibatkan sejeumlah pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna setempat juga anak-anak sekolah dam masyarakat umum.

Usai berziarah Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin mengatakan, pelaksanaan ziarah merupakan tradisi yang digelar setiap tanggal 10 Juni dengan harapan untuk mengenang dan mengingat jasa-jasa leluhur Ciamis, terutama keteladanannya semasa hidup terhadap kepemimpinan di Kab. Ciamis.

“Ini hanya tradisi saja, mudah-mudahan kita sebagai penggerak roda pemerintahan di Kab. Ciamis bisa meniru mereka semasa berjaya, banyak hal yang harus ditiru dalam kepemimpinan mereka yang bisa diaplikasikan pada saat sekarang,” katanya.

Ditegaskan Bupati, tradisi ini sudah berlangsung lama, setiap tahun menjelang pelaksanaan hari “H” Hari Jadi Ciamis tanggal 12 Juni selalu berziarah ke makam leluhur tersebut. (cZ-01)*   
 

Share this article :

1 komentar:

  1. ciamis mudah-mudahan terbebas dari korupsi, manipulasi, dan sejenisnya.

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com