Home » » Gara-gara Tak Penuhi Qourum, Paripurna LHP Ditunda

Gara-gara Tak Penuhi Qourum, Paripurna LHP Ditunda

Written By yun ciamis on 13 June 2014 | 12:45 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Rapat Paripurna DPRD dalam rangka penetapan rekomendasi DPRD Kab. Ciamis terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemkab Ciamis ditunda, hal itu terjadi setelah dua kali diskor karena kehadiran anggota dewan tidak memenuhi qourum.

Rapat yang digelar di Aula DPRD Ciamis dihadiri Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, Sekda H. Herdiat, unsur Muspida Plus dan sejumlah pejabat SKPD itu dimulai pukul 09.30, Jum’at (13/06/14).

Pimpinan sidang, H. Asep Roni yang juga Ketua DPRD dalam pembukaannya mengumumkan jumlah anggota dewan yang hadir, dari 50 anggota dewan hanya 20 orang, sedangkan berdasarkan tata tertib, sidang bisa dilaksanakan minimal dihadiri oleh 50% + 1 anggota atau  minimalnya dihadiri oleh 26 orang anggota dewan.

Tata tertib juga mengamanatkan, jika tidak memenuhi qourum rapat harus diskor 10 menit, jika setelah 10 menit belum qourum juga kembali diskor selama 5 menit. Dan jika masih tetap tidak memenuhi qourum maka pimpinan sidang harus menunda sampai paling lambat tiga hari.

Dengan tidak qourumnya sidang penetapan rekomendasi atas LHP BPK RI, sesuai tata tertib pimpinan sidang pun menskor sidang selama 10 menit sambil menunggu kehadiran anggota dewan lainnya, namun setelah 10 menit anggota dewan yang hadir hanya bertambah dua orang. Sidang pun kembali diskor selama 5 menit.

Lagi-lagi, setelah lima menit berlalu, masih belum memenuhi qourum karena dalam lima menit hanya bertambah tiga orang sehingga total anggota dewan yang hadir hanya 25 orang. Melihat hal itu pimpinan sidang membacakan tata tertib dan sidang pun ditunda. Namun penundaannya tidak selama tiga hari tapi hanya 10 menit.

“Sesuai tata tertib, pimpinan sidang harus menunda selambat-lambatnya tiga hari, karena waktu yang mepet dan banyaknya agenda, maka sidang saya tunda selama 10 menit,” kata H. Asep Roni sambil mengetukan palu.

Belum saja sampai 10 menit, tampak salah seorang anggota dewan masuk ruangan dan mengisi daftar hadir, pimpinan sidang pun langsung membuka paripurna yang berlangsung singkat tersebut, karena hanya membacakan laporan Badan Anggaran DPRD Kab. Ciamis yang membahas tindak lanjut LHP serta mendengarkan sambutan Bupati Ciamis.

Usai sidang Ketua DPRD, H. Asep Roni mengakui, berdasarkan tata tertib selambat-lambatnya ditunda tiga hari, tapi karena waktu untuk memberikan rekomendasi hampir habis dan banyaknya agenda maka ditunda cukup 10 menit saja.

“Dalam tata tertib juga selambat-lambatnya tiga hari, jadi saya sebagai pimpinan sidang berhak menentukan 10 menit, bahkan satu menit pun tidak menyalahi aturan,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

1 komentar:

  1. yang penting hasil dari sidang tersebut, apakah berdampak baik terhadap kondisi kabupaten ciamis atau tidak ? kalau gitu gitu aja buat apa ?

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com