Home » » Hari Jadi Ciamis Tanpa Kado Adipura

Hari Jadi Ciamis Tanpa Kado Adipura

Written By yun ciamis on 12 June 2014 | 2:06 AM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Hari Jadi Ciamis ke-372 tahun 2014 yang jatuh pada 12 Januari 2014 disayangkan tidak bisa mempersembahkan Penghargaan Adipura sebagai kado ulang tahunnya, padahal Ciamis sudah “berlangganan” memperoleh penghargaan dibidang kebesihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang diselenggarakan Kementerian Negara Lingkungan Hidup itu.

Sebagai kota yang berturut-turut lebih dari lima kali mendapatkan Adipura, Ciamis pun berhak mendirikan sebuah Tugu Adipura yang kini berdiri gagah di pertigaan Jalan Jenrdal Sudirman dan Jalan Ir. H. Juanda atau di pertigaan Tyara, yang bila dimalam hari terlihat megah dengan kilauan lampu.

Namun, tugu yang baru dibangun beberapa bulan lalu itu tidak disambut dengan prestasi berikutnya karena Ciamis tidak bisa memboyong kembali penghargaan Adipura tahun ini, imbasnya Hari Jadi pun tanpa Adipura yang biasa dijadikan kado ulang tahun.

Ketidakberhasilan memboyong Adipura tahun ini ke Bumi Tatar Galuh, diakui Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, pihaknya tidak mengerti dengan penilaian yang dilakukan oleh pusat terkait penghargaan Adipura di Kab. Ciamis.

“Saya tidak mengerti, dari tahapan penilaian sebelumnya sudah bisa dipastikan Ciamis kembali akan memboyong Piala Adipura, tapi ketika diumumkan ternyata Ciamis gagal. Padahal dari hasil penilaian rata-rata diatas 70, bahkan ada nilai yang mencapai 80. Tapi tidak masalah mungkin ada penilaian lain yang tidak diketahui oleh kami,” kata Bupati.

Meskipun Adipura yang merupakan salah satu program prioritas dalam pengendalian pencemaran dari kegiatan domestik dan penghargaan bagi Kota/Kabupaten yang memiliki komitmen dalam mewujudkan  Kota Bersih dan Hijau (Clean and Green City), bukan berarti Ciamis tidak punya komitmen kearah tersebut, karena SKPD terkait sudah berupaya mewujudkannya. (cZ-01)*
 

Share this article :

1 komentar:

  1. semoga tahun depan dapat meraih piala adipura kembali..ayo tingkatkan agar lebih baik...

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com