Home » » Nasol Longsor, 4 Rumah Tertimbun

Nasol Longsor, 4 Rumah Tertimbun

Written By yun ciamis on 13 July 2014 | 4:27 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Selain Sungai Cileuuer meluap, hujan yang mengguyur Ciamis pun mengakibatkan terjadinya longsor di Desa Nasol Kec. Cikoneng, Minggu (13/07/14) pagi, empat rumah tertimbun longsoran tanah, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, nanmu dua orang luka sempat dirawat dan dibawa ke tempat spesialis urut.

Empat rumah yang tertimbun longsoran tersebut berada dibawah tebing diantaranya milik Asikin (48) di Dusun Carik Desa Nasol, Eman (43), Asep (40) dan Sarjo (50) ketiganya warga Dusun Batumalang, Desa Nasol, Kec. Cikoneng.

Dari keempat rumah tersebut, yang paling parah rumah milik Asikin, hingga empunya rumah pun sempat dirawat dan dibawa ke tempat spesialis urut di kawasan Cisepet Baregbeg Ciamis bersama anaknya Suyudi (15) karena mengalami luka-luka memar akibat tertimpa lemari di kamarnya.

Saat longsor terjadi pada Minggu pagi itu hujan masih berlangsung, Asikin dan anaknya terlelap tidur di kamar tengah sementara dua penghuni rumah lainnya, istri Asikin, Tati (43) dan dua anaknya Nia Kurnia (22) dan Hartanto (4) berada di ruang tengah rumah, ketiganya selamat dari reruntuhan material longsor.

Menurut Istri Asikin, Tati, saat kejadian suami dan anaknya terlelap tidur di kamar, sekitar pukul delapan pagi mendengar suara gemuruh yang langsung menimpa rumahnya yang hanya lima meter dibawah tebing, hingga sebagian rumahnya pun tertimbun.

Untung Tati dan kedua anaknya yang berada di runag tengah rumah bisa keluar menyelamatkan diri. Sementara suami dan anak keduanya itu masih berada di dalam kamar dan sempat tertimbun, namun keduanya berhasil dievakuasi oleh warga serta Tim Tagana Kab. Ciamis.

“Suami dan anak saya meski sudah tertimbun Alhamdulillah bisa diselamatkan, akibatnya kini mengalami luka memar disekujur badannya hingga harus diurut ke Cisepet, saat longsor dia tertimpa lemari dan beberapa material,” katanya seraya mengaku saat ini terpaksa mengungsi dulu ke rumah saudaranya.

Camat Cikoneng Syarief Murhidayat membenarkan perisitiwa tersebut, dan mengakui saat ini kedua korban luka memar sudah kembali dari Cisepet.

Dengan peristiwa longsor ini, menurut Starief, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Ciamis. Pihaknya juga sudah melakukan upaya evakuasi beberapa korban longsor dan juga matrial yang menimbun rumah yang dibantu warga serta Tim Tagana Kab. Ciamis,.

“Alhamdulillah partisipasi warga cukup antusias dalam melakukan evakuasi baik saat mengevakuasi korban atau pun material yang menimpa rumah, meskipun harus berhujan-hujanan, karena ada kekhawatiran terjadi longsor susulan” katanya.

Menurut Syarief, saat ini pihaknya sedang menginventarisir kerugian yang diderita warga untuk diajukan permohonan bantuan kepada
pemerintah. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com