Home » » Karang Taruna Berdayakan Lahan Non Produktif

Karang Taruna Berdayakan Lahan Non Produktif

Written By yun ciamis on 11 August 2014 | 5:04 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Jajaran Pengurus Karang Taruna Kab. Ciamis melakukan monitoring kesejumlah lahan non produktif yang kini menjadi kebun binaan Karang Taruna dengan ditanami sejumlah tanaman produksi dan tanaman konservasi yaitu kayu-kayuan dan buah-buahan, Senin (11/08/14).

Ketua Karang Taruna Kab. Ciamis, Aries Firdaus menjelaskan, lahan kebun binaan Karang Taruna terdapat tiga lokasi di Kec. Baregbeg yaitu seluas satu hektare lahan non produktif milik desa di Dusun Desa, Desa Sukamaju, ditanami karet dan jati mas, tiga haktare lahan milik warga di Dusun Pasirkadu Desa Petirhilir juga ditanami karet, dan lima hektare milik warga di Dusun Nangewer Desa Jelat ditanami karet, jati mas, albasiah, alkasiah, dan jenis tanaman buah-buahan.

Untuk mengelola tanaman di lahan delapan hektare tersebut, diberdayakan anggota Karang Taruna setempat melalui Taruna Tani dengan melibatkan juga masyarakat dan aparat desa setempat dengan program Pembangunan Perhutanan Masyarakat Berbasis Konservasi.

Dijelaskan Aries, sebagai timbal baliknya, pemmbagian hasil disepakati 30 persen untuk investor dalam hal ini Karang Taruna Kab. Ciamis, dan 70 persen untuk penggarap dan desa setempat.

“30 persen jelas untuk investor dalam hal ini Karang Taruna Kabupaten yang juga sebagai pembina, sementara masing-masing 35 persen untuk penggarap dan desa. Kedepannya bisa saja jika sudah masuk ke musim panen tiba maka desa terbantu dalam hal urdes, bahkan bagi warga yanag mempunyai kewajiban membayar PBB sampai dengan Rp50 ribu per tahun bisa diatasi dari hasil kreatifitas Karang Taruna,” katanya.

Aries berharap, kedepannya lahan-lahan desa yang non produktif bisa diberdayagunakan hingga menghasilkan, hal ini juga merubah imaje Karang Taruna sebagai organisasi yang hanya bergerak setahun sekali saat menjelang Agustusan.

“Karang Taruna sekarang tidak lagi indentik dengan Agustusan, tapi harus lebih kreatif dengan memberdayakan potensi-potensi dimasing-masing daerah hingga mampu menciptakan lapangan kerja baru,” kata Aries. (cZ-01)*
 

Share this article :

1 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com