Home » » Poktan Ciamis Wakili Jabar di Tingkat Nasional

Poktan Ciamis Wakili Jabar di Tingkat Nasional

Written By yun ciamis on 20 August 2014 | 12:32 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Dalam rangka Hari Ketahanan Pangan Sedunia Tahun 2014, Kelompok Tani (Poktan) Karya Mukti 3 Desa/Kec. Sukamantri, Kab. Ciamis dinobatkan mewakili Jawa Barat untui bersaing dengan Poktan lainnya se-Indonesia.

Hal itu diungkapkan Kabid Produksi, Serealia dan Palawija pada  Dinas Pertanian Tamanan Pangan, Ir. Ma'mun kepada wartawan Rabu (20/08/14) seraya mengakui, pihaknya ikut mendampingi Tim Penilai dalam melakukan penilaian di Sukamantri, Selasa (19/08/14).

Dijelaskan Ma’mun, dari areal pesawahan seluas 200 haktare di Sukamantri, Poktan Karya Mukti 3 menggarap 38 hektar dengan hasil yang sangat memuaskan, sehingga mampu terpilih untuk mewakili Jabar di tingkat nasional dengan kualitas padi varietas Ciherangnya.

“Bukan hanya produk yang dinilai, tetapi ada sejumlah aspek lainnya yang dijalankan Poktan seperti keberadaan organisasi, pembiayaan, teknis, jenis usaha sampai ke tahap pemasaran pun menjadi kebijakan penilaian Tim,” kata Ma’mun.

Dijelaskan Ma’mun, dengan Padi Ciherang tersebut Poktan Karya Mukti 3 kini sudah melakukan kerjasama dengan Bulog, bahkan dipasarkan dengan lebel sendiri.

“Mereka sudah ada MoU dengan Bulog dan dipasarkan menggunakan lebel sendiri, sebelumnya hanya mengirim produk ke Cianjur yang dipasarkan dengan lebel lain,” katanya.

Ma’mun berharap, terpilihnya salah satu Poktan di Ciamis mewakili Jabar di tingkat nasional tersebut bisa untuk memotifasi kelompok lebih berprestasi dan berkembang maju.

Sementara menyinggung pencapaian produk padi di Ciamis, Ma’mun didampingi Kasi Padi, Kisma Suardi mengakui, sampai Juli 2014 produk padi Ciamis baru menghasilkan 262.054 ton gkg (gabah kering giling), dari prediksi selama 2014 sampai Desember mencapai 621.220 ton.

“Target kami pada 2014 sebanyak 537.947 ton, jika tidak ada halangan dan cuaca mendukung target tersebut akan tercapai, karena melihat kondisi saat ini di lapangan sangat optimis,” katanya.

Menjelang Hari Pangan Sedunia tersebut untuk wakil Jawa Barat ditingkat nasional penilaian jenis padi dari Kab. Ciamis dan jenis jagung diwakili Garut sementara kedelai diwakili Indramayu. (cZ-01)*
 

Share this article :

1 komentar:

  1. jangan hanya prestasi tapi terus kembang biakan demi kemajuan petani ciamis

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com