Home » » Karang Taruna Harus Kerjasama Dengan SKPD

Karang Taruna Harus Kerjasama Dengan SKPD

Written By yun ciamis on 20 September 2014 | 8:25 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Untuk kelancaran program Karang Taruna Kab. Ciamis diharapkan bisa bekerjasama dengan SKPD tekait, baik dengan BNN dalam rangka pencegahan narkoba atau pun dengan dinas dan lembaga lain disesuaikan dengan program kerjanya.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin saat membuka acara sosialisasi KPA (Komisi Penanggulangan Aids) tentang HIV-AIDS yang digelar Karang Taruna Kab. Ciamis dengan LSM Wisma di Sekretariat Karang Taruna Kab. Ciamis, Jum’at (19/09/14).

Salah satu contoh di Dinas Sosial, banyak program yang harus dijalankan oleh Karang Taruna karena sesuai dengan misinya, salah satunya perogram penanggulangan jompo dan anak nakal yang tidak bisa ditangani, bisa melibatkan Karang Taruna, begitu juga dengan program-program lainnya di sejumlah SKPD, seperti di BNN banyak anggarannya untuk dilaksanakan programnya oleh Karang Taruna.

“Di Dinas Sosial banyak program, sesuai dengan perannya sebagai pembina teknis Karang Taruna, program dinas tersebut bisa saja dijalankan atau dilaksanakan oleh Karang Taruna, jadi nantinya sejalan apa yang diprogramkan pemerintrah dengan program Karang Taruna, untuk itu programnya harus dikoordinasikan dengan SKPD terkait,” kata Bupati Ciamis, H. Iing Syam, Arifin.

Dijelaskannya, keberadaan Karang Taruna yang cukup solid mulai dari pusat sampai ke desa-desa adalah potensi yang multifungsi dalam pembangunan sehingga prgramnya juga harus didukung oleh dinas terkait, tapi juga program tersebut harus sejalan dengan pemerintah.

Menurut Bupati, kiprah Karang Taruna sangat diperlukan apalagi dalam menghadapi tahun 2015 yang mulai bergulirnya persaingan masyarakat ekonomi Asean yang berdampak kepada seluruh asean, dimana kita harus bersaing dengan negara-negara asean lainnya di berbagai bidang.

Dengan berbagai kemudahan komunikasi, mobilitas masyarakat Asean kedepan peran KPA akan lebih sulit dibanding sekarang, dengan melibatkan anggita Karang Taruna sedikitnya akan mengurangi beban KPA untuk mensosialisasikan bagaimana cara menanggulangi HIV Aids.

Peran ekonomi, Indonesia merupakan pangsa besar dengan jumlah penduduk yang cukup besar, sehingga perutaran ekonomi akan cukup pesat bersaing dengan negara asena lainnya, peran Karang Taruna harus bisa membentengi dan solid dalam kepemudaannya, terutama di desa-desanya.

“Pemberdayaan pemuda terutama di desa-desa harus kuat dengan peran Karang Taruna yang mengandar dari pusat ke desa akan terkerucut di desa dengan potensi yang harus diberdayakan,” katanya. (cZ-01)*
 

Share this article :

1 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com