Home » , » KPU Persiapkan Pengisian DPRD Pangandaran

KPU Persiapkan Pengisian DPRD Pangandaran

Written By yun ciamis on 02 September 2014 | 4:37 PM

ciamiszone.com :


CIAMIS,- Kurang dari empat bulan lagi, sebanyak 35 anggota DPRD Kab. Pangandaran akan segera dilantik, saat ini KPU Kab. Ciamis mulai memasuki tahapan persiapan untuk menentukan siapa saja mereka yang akan duduk di kursi DPRD hasil pemekaran dari Kab. Ciamis itu.

“Pokoknya sesuai tahapan berdasarkan undang-undang, anggota DPRD Kab. Pangandaran harus sudah terlantik tanggal 5 Desember 2014, jadi jangan melebihi tanggal itu,” kata Ketua KPU Kab. Ciamis, Kikim Tarkim, S.Ag, M.Si, Selasa (02/09/14).

Diakuinya, untuk menentukan siapa saja anggota DPRD Kab. Pangandaran yang akan dilantik hasil Pileg 2014, termasuk menentukan pengisian 13 anggota DPRD Kab. Ciamis yang berhenti dan dilantik di Pangandaran, KPU mengacu pada PKPU No. 1 tahun 2011 sebagaimana yang juga diterapkan pada pengisian 50 anggota DPRD Kab. Ciamis hasil Pileg 2014 yang sudah dilantik, 5 Agustus lalu.

“Karena sampai tahapan persiapan sekarang belum ada perubahan atas PKPU No 1 tahun 2011 maka PKPU tersebut masih diberlakukan untuk menentukan siapa saja mereka yang akan menduduki kursi DPRD Kab. Pangandaran dan Ciamis,” kata Kikim.

Dengan demikian, teknis penentuannya sama seperti pengisian 50 anggota DPRD Kab. Ciamis yang sudah dilantik, dengan Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) diperoleh dari jumlah suara sah dibagi ketersediaan kursi.

“Sebagai contoh, sebelumnya Dapil 1 Ciamis dibagi 11 kini dibagi 15 karena ada tambahan 4 kursi yang dipindahkan ke Pangandaran, begitu juga untuk Kab. Pangandaran,” katanya.

Diakuinya, tahapan pengisian tersebut dibagi menjadi tiga, pertama tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian.

“Kami hanya bertugas dan bertanggungjawab sampai kepada penerbitan SK Penetapan anggota DPRD dari hasil rekapitulasi, selanjuntya dalam hal pelantikan sudah kewenangan Pemkab masing-masing dalam hal ini Sekretariat Dewan,” pungkasnya. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com