Home » » Akses Dua Kecamatan, Jembatan Ciparay Sudah Tak Layak

Akses Dua Kecamatan, Jembatan Ciparay Sudah Tak Layak

Written By yun ciamis on 13 October 2014 | 4:16 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Jembatan gantung Ciparaya sepanjang 50 meter dengan lebar 1 mater yang melintasi Sungai Ciseel di Desa Ciparay Kec. Cidolog menghubugkan dua kecamatan, Cidolog dan Pamarican kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan padahal jembatan tersebut merupakan akses yang sangat vital.

Kepala Desa Ciparay, Usep Hidayat mengakui, meskipun jembatan tersebut hanya jembatan gantung namun merupakan satu-satunya akses penghubung dua kecamatan. Bukan itu saja, jembatan tersebut juga selain sebagai penopang akses ekonomi warga didua kecamatan.

“Tidak dipungkiri selain digunakan untuk akses perdagangan sejumlah hasil bumi dan ternak, jembatan gantung itu juga satu-satunya jembatan yang digunakan anak-anak sekolah ketika pulang dan menuju sekolah, sehingga jika tidak segera diperbaiki kondisinya semakin terpuruk dan dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata Usep, Senin (13/10/14).

Dijelaskannya, di jembatan tersebut sering terjadi kecelakaan karena kondisinya yang sudah tidak layak, apa lagi sering digunakan untuk melintasnya kendaraan roda dua.

“Kami tidak bisa melarang dilintasi roda dua, karena memang jembatan ini satu-satunya akses,” katanya.

Usep berharap, perhatian pemerintah terhadap pembangunan jembatan karena masyarakat sangat membutuhkan kondisi jembatan yang refresetatif tidak seperti sekarang sebagai jembatan gantung tapi aksesnya digunakan sebagaimana layaknya jembatan kokoh untuk dilintasi berbagai kendaraan.

Masyarakat setempat berharap jembatan gantung tersebut dibangun menjadi jembatan permanen, bahkan sudah merupakan impian masyarakat sejak lama.

Diakuinya, pihaknya sudah berupaya mengajukan permohonan kepada Pemkab Ciamis dengan nilai mencapai Rp8 miliar, namun tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut bisa berkurang sesuai kemampuan Pemkab.

“Kami mengajukan sejak awal 2014, namun belum ada kepastian dari Pemkab kapan bisa terealisasi, mudah-mudahan ada peluang lain bukan hanya terpaku dari APBD Ciamis tapi bisa juga diupayakan dari APBD Propinsi atau pun APBN. Kami serahkan sepenuhnya kepada Pemkab Ciamis,” katanya seraya mengakui, dengan dibangunnya jembatan permanen, Jembatan Ciparay dipastikan akan lebih efektif dan sangat menunjang akses perekonomian. (cZ-01)*
 

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com