Home » » Upacara HSP Diwarnai Peserta Pingsan

Upacara HSP Diwarnai Peserta Pingsan

Written By yun ciamis on 28 October 2014 | 1:18 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun 2014 Tingkat Kab. Ciamis yang dipsatkan di Halaman Pendopo Ciamis diwarnai ratusan peserta yang tidak kuat berdiri mengikuti jalannya upacara, bahkan banyak mereka yang tiba-tiba pingsan karena kepanasan.

Untung saja sejumlah petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan dan PMI bergerak cepat hingga mereka disibukan dengan peserta yang mayoritas pelajar itu berjatuhan, sejumlah blankar yang disiapkan untuk menandu pun hilir mudik mengangkut peserta yang sakit.

Ratusan peserta dibawa ke tempat perawatan, mereka ditangani tim medis dari Dinas Kesehatan, mayoritas mereka tidak kuat menahan panas saat upacara berlangsung, namun tidak ada yang perlu dirawat, hanya sejumlah siswa harus dibawa ke sekolahnya dengan sejumlah ambulance.


“Mereka tak kuat berdiri dibawah cuaca terik matahari, mereka kepanasan jadi banyak yang pusing dan pingsan,” kata petugas PMI.

Bahkan dijelaskannya, posisi peserta dari kalangan mahasiswa dan pelajar tidak diuntungkan tidak seperti peserta dari TNI/Polri dan Satpol PP yang berdiri tegap terteduhi pohon rindang.

“Posisi TNI-Polri dan satpol PP berada di sebelah timur kebetulan dekat dengan pohon rindang jadi setidaknya panas terik tidak begitu menyengat, lain lagi dengan para mahasiswa dan pelajar yang berdiri sebelah barat sehingga penas matahari langsung menyengat,” kata sejumlah petugas menganalisa.


Sementara Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin sebagai inspektur upacara menilai, hikmah dari Hari Sumpah Pemuda tahun 2014 diharapkan pemuda di Ciamis mampu menjabarkan tema peringatan HSP tahun ini yaitu “Bangun Solidasritas Pemuda Maju dan Berkelanjutan”.

Menurut Bupati, di Kab. Ciamis, pemuda-pemuda yang tergabung dalam OKP atau pun lain sebagainya pihaknya sangat mengapresiasi karena mendapat penilaian yang positif dan sangat bagus.

“Instrumen yang terasa di Ciamis, tidak ada pemuda-pemuda yang tergabung dalam genk motor, tidak ada tawuran antar pemuda, warga atapun antar sekolah. Ini harus diapresiasi dan terus dilakukan pembinaan agar kedepannya bisa menjadi generasi terbaik,” katanya.

Ditegaskannya, apalagi berkaitan dengan masyarakat ekonomi asean, pemuda harus tampil terdepan dan menjadi generasi menghadapi perkembangan masyarakat ekonomi asean, siapa lagi kalau bukan pemuda-pemuda saat ini yang harus mempunyai kemampuan moral, mental dan kemampuan ekonomi. (cZ-01)*
 

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com