Home » , » Bupati Ciamis: “Pertahankan Budaya Lokal”

Bupati Ciamis: “Pertahankan Budaya Lokal”

Written By yun ciamis on 20 November 2014 | 4:34 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Bupati Ciamis, H. Iing Stam Arifin mengatakan, bangsa kita harus tetap dan bisa mempertahanan budaya lokal, jangan sampai dicuri atau diakui oleh bangsa lain, khususnya para generasi muda.

Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis saat membuka Expo 15 Nesacis yangi digelar SMPN 1 Ciamis dengan tema “Mentransformasi Budaya Global Menjadi Kekuatan Budaya Lokal” di Kampus SMPN 1 Ciamis, Kamis (20/11/14).

Menurut Bupati, menghadapi diberlakukannya kekebasan pasar global dengan istilah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dipastikan sejumlah budaya akan masuk dengan gampang ke tanah air, sehingga sebagai generasi muda harus mampu menghadapi persiangan dengan bangsa lain dan tentunya harus bisa pertahankan budaya lokal.

“Saya sangat mengapresiasi dan tertarik dengan expo ini yang bertemakan transformasi budaya, sehingga budaya global bisa ditarik menjadi kekuatan budaya lokal. Tema ini sangat tepat menjelang diberlakukannya MEA  pada awla tahun 2015 nanti. Aapalgi yang menggelar expo adalah anak-anak SMP sebagai generasi penerus bangsa,” katanya.

Namun sebaliknya, menurut Bupati, dengan adanya transformasi ini kita harus sudah bersiap diri dan mengharapkan budaya lokal jangan sampai ditarik oleh budaya lain.

Sementara Kepala SMPN 1 Ciamis, Agus Somantri mengakui, Expo SMPN 1 Ciamis merupakan agenda tahunan yang digelar siswa-siswanya dan melibatkan murid-murid SD yang ada di sekitar Ciamis Kota.

“Expo yang digelar oleh siswa-siswi kelas 9 ini menampilkan sejumlah kreasi seni budaya, apalagi dalam kurikulum 2006 anak didik wajib menampilkan hasil karyanya diakhir tingkat, sebagai apresisasi mereka belajar budaya yaitu di kelas 9. Jadi untuk menggelar expo ini mereka sangat cukup matang karena memang memakan waktu lama,” katanya.


Dijelaskannya, bentuk apresisasi yang ditampilkan anak didik diantaranya hasil kreasi keterampilan, kerajinan tangan dengan basis seni budaya, pagelaran seni dan sejumlah kreatifitas lainnya. (cZ-Alung)*

 

Share this article :

1 komentar:

  1. terimakasih informasinya gan..

    www.pelangsingwscbiolo.net/

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com