Home » » HCTPS 2014, Kadis Kesehatan Cuci Tangan

HCTPS 2014, Kadis Kesehatan Cuci Tangan

Written By yun ciamis on 12 November 2014 | 12:22 PM


ciamiszone.com :

CIAMIS,- Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kesehatan bangsa, Dinas Kesehatan Kab. Ciamis merayakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) ke-7 pada Hari Kesehatan Nasional ke-50 di Halaman Dinkes Ciamis, Rabu (12/11/14).

Dalam kesempatan itu Kadiskes, drg. Engkan Iskandar, MM didampingi Ass. III Bid. Umum Setda Ciamis mempraktekan bagaimana mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar, sebelumnya mereka dipandu sejumlah anak SD yang terlebih dulu hapal dan sudah terbiasa dengan mencuci tangan.

Menurut drg. Engkan, cuci tangan pakai sabun, merupakan salah satu pilar sanitasi total berbasis masyarakat selain empat pilar lainnya, yaitu stop air besar sembarangan, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Hal itu dilakukan untuk memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan dan meningkatkan kemampuan masyarakat serta mengimplementasikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar yang berkesinambungan dalam mencapai Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2015.

Peringatan CTPS tahun ini bertemkana “Tanganku Bersih Generasi Sehat” dengan melibatkan anak-anak sekolah pada kelompok usia sekolah sebagai generasi harapan.

“Pentingnya menyampaikan pesan CTPS karena selain perilaku sehat juga  terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti kecacingan, diare, ISPA, flu burung dan lainnya. Hal ini juga mengingat masih tingginya angka diare dan kecacaingan,” kata dr. Engkan seraya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mebiasakan diri melakukan CTPS.

Ditegaskannya, tujuan pembangunan kesehatan tidak bisa dengan upaya sektor kesehatan saja, sehingga dihimbau kepada pemangku kepentingan terkait untuk menyediakan sarana CTPS disertai dengan kampanye perilaku higienis lainnya di masyarakat, sekolah, fasiltas layanan kesehatan baik RS, Puskesmas, apotek atau pun laboratorium dan tempat umum seperti terminal, tempat wisata dan pasar. (cZ-01)*

 

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com