Home » » Kios Buah dan Los Pasar Ikan Diresmikan

Kios Buah dan Los Pasar Ikan Diresmikan

Written By yun ciamis on 22 December 2014 | 5:15 PM

ciamiszone.com :

Kios dan Los Pasar Ikan Diresmikan

CIAMIS,- Dalam Upaya menertibkan keberadaan Pasar Manis Ciamis, Pemkab Ciamis bekerjasama dengan Kementerian Perdagagan RI melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Sarana Perdagangan Tahun Anggaran 2014 senilai Rp 1,2 miliar membangun sejumlah kios, los dan hamparan.

Sebanyak 15 kios, 6 los dan hamparan untuk 35 pedagang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arfin didampingi Kepala Dinas Koperasi, Perinsustrian dan Perdagangan Kab. Ciamis, Agus Kurnia Kosasih, S.Sos, M.Si dan sejumlah Kepala SKPD lainnya, di Pasar Manis Ciamis, Senin (22/12/14).

Bupati berharap, dengan selesainya pembangunan kios, los dan hamparan bisa dimanfaatkan dnegan sebaik-baiknya oleh pedagang yang sebelumnya menempati lapak yang bukan peruntukannya.

“Saya berharap, tempat ini dimanfaatkan sebaik-baiknya agar pedagang lebih nyaman dan mampu meningkatkan penghasilan. Apalagi dengan kondisi tempat yang cukup nyaman dan bersih mampu menyamankan para pembeli,” katanya.

Menurut Bupati, relokasi PKL ini sangat diperlukan untuk menciptakan kebersihan, kenyamanan, keindahan dan ketertiban kawasan Pasar Manis Ciamis sehingga tidak lagi ada kesan kumuh dan lainnya.

Namun demikian, dihimbau kepada para PKL lainnya yang belum bisa direlokasi ke tempat-tempat yang seharusnya agar bersabar, karena program penataan Pasar Manis tidak akan berhenti sampai disini, tapi masih ada lprogram lanjutan lainnya dimasa yang akan datang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati sempat berjalan mengunjungi sejumlah kios dan los Pasar Ikan bahkan berdialog dengan para penjualan ikan. Dalam dialognya Bupati berpesan agar para pedagang tetap mempertahankan tingkat kebersihan untuk memberikan kenyaman para pembeli.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Kab. Ciamis, Agus Kurnia Kosasih, S.Sos, M.Si didampingi Kabid Pasar, Didin Sadudin mengakui, pembangunan kios sebanyak 13 buah dengan ukuran 2,5m x 3,5m dan dua buah berukuran 2,5m x 5m diperuntukan bagi pedagang buah-buahan dan sembako yang sebelumnya menempati kawasan trotoar sebagai PKL.

Sementara sebanyak 6 los bangunan lainnya digunakan untuk perdagangan ikan, dan pembangunan hamparan dekat depo diperuntukan bagi 35 pedagang.

“Pasar Manis kini sudah mempunyai Pasar Ikan dengan tempat khusus di sebrang kios buah-buahan, program kedepannya direncanakan akan kembali membangun untuk keberadaan PKL yang belum terelokasi sebanyak hampir 200 PKL,” katanya.

Menurut Kadis, sebanyak 199 PKl yang belum terelokasi dengan baik akan difasilitasi secara bertahap, sehingga tahun depan program pembangunan akan terus berjalan hingga seluruh PKL bisa terfasilitasi dengan lokasi dikawasan Pasar Ikan dan Pasar Subuh. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com