Home » » Kurtilas Jalan Terus Sampai Ada Revisi

Kurtilas Jalan Terus Sampai Ada Revisi

Written By yun ciamis on 11 December 2014 | 6:43 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Dengan dihapusnya Kurikulum Tahun 2013 (Kurtilas) para pelaku dan praktisi pendidikan di Kab. Ciamis dihimbau tidak menjadi bingung, proses belajar mengajar tetap berjalan seperti biasa baik mereka yang sudah semester tiga dan semester pertama berjalan terus sampai batas penilaian sambil menunngu revisi kurikulum selanjutnya secara tertulis.

Hal itu diungkapkan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab. Ciamis, Drs. H. Toto Marwoto, M.Pd menyikapi dihapusnya Kurtilas oleh Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan.

“Kami sudah mensosialisasikan kebawah, lanjutkan Kurtilas terutama bagi mereka yang semester pertama dan tiga sambil menunngu arahan tertulis revisi kurikulum selanjutnya,” kata H. Toto Marwoto.

Ditegaskannya, esensinya sudah jelas sesuai informasi lisan atau pun yang diterima via e-mail dari pusat, Kurtilas tetap berjalan.

Menurutnya, kurikulum jangan dilihat menjadi sesatu yang segala-galanya, karena yang terpenting lebih pada tataran bagaimana kualitas dan kompetensi guru, sebab yang menentukan adalah kualitas dan kompetensi guru.

“Sehebat apa pun kurikulum jika tidak didukung atau disuport dan tidak dikembangkan oleh kualitas dan kompetensi guru tidak berarti apa-apa, tapi sebaliknya meskipun kurikulumnya sederhana jika ditunjang dengan kualitas dan kompetensi guru akan bisa mengembangkan invovasi dan kreatifitas yang tinggi,” katanya.

Dilihat secara substansi, menurut Toto Marwoto, kurikulum itu merupakan pedoman, panduan dan arahan, atau arah yang akan dituju yaitu harus bisa menjawab tantangan global dan bisa menyajikan, bisa menyajikan dan memberikan pemenuhan pangsa pasar, itu azas dari kurilkulum fleksibelitas yang disesuaikan dengan aspek kompetitif dan aspek komperatif yang keduanya harus sinergi.

Namun, meskipun demikianya diakuinya saat ini Kurtilas tetap berjalan untuk melihat Kurtilas ini bisa dijadikan pilot projct dan meperjelas bagaimana posisi Kurtilas bisa memberi satu kontribusi, khsusunya dalam peningkatan mutu pendidikan mulai dari aspek sikap, pengembangan wawasan pengetahuan dan pengebangan skill atau keterampilan.

“Jadi proses belajar mengajar jalan terus dengan Kurtilas jangan sampai terpengaruhi oleh berbagai asusmsi terkait penghapusan Kurtilas, kami sudah memberikan pembinaan di lingkup Disdikbud Ciamis,” katanya. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com