Home » » Kembangkan Usaha Produktif Holtikultura Karang Taruna Tanam Pepaya California

Kembangkan Usaha Produktif Holtikultura Karang Taruna Tanam Pepaya California

Written By yun ciamis on 25 January 2015 | 1:26 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Sebanyak 500 bibit Pepaya California ditanam di lahan tidak produktif oleh warga Karang Taruna Nusa Bhakti Unit Kerja RW 13 Kel. Maleber dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warganya. Acara penanaman perdana yang dilakukan oleh Kadis Pertanian Tanaman Pangan Kab. Ciamis, Hj. Kustini diikuti juga oleh Anggota DPRD Ciamis, Heri Rafni Kotari yang juga Ketua MPKT Karang Taruna Kel. Maleber, Minggu (25/01/15).

Kadistan Tanaman Pangan, Hj. Kustini yang mewakili Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin menyambut baik program yang dijalankan Karang Taruna yang sejalan dengan program Bupati untuk terus melakukan penanaman di lahan-lahan yang memungkinkan.

“Apa pun tanamannya Bupati sangat merespon, apalagi disesuaikan dengan keberadaan dan kecocokan tanah yang nantinya bisa bermanfaat banyak bagi warga. Tanaman keras untuk menahan erosi dan tanaman hortikultura untuk konsumsi dan produksi,” katanya.

Menurut Hj. Kustini, dengan menanam pepaya California warga harus terus memelihara karena tanama tersebut rentan terhadap hama dan banyak memakan pupuk sehingga perlu pengawasan dan pemeliharaan.

Kedepannya, jangan hanya untuk konsumsi tapi harus mampu menjadi usaha produktif yang bisa meningkatkan penghasilan warga Karang Taruna setempat.

“Semua harus bermanfaat baik papaya yang mulus atau pun yang kurang baik penampilannya, jangan khawatir terhadap pangsa pasar, karena pepaya bisa dijadikan bahan produk makanan olahan lain seperti manisan dan produk olahan lainnya. Sehingga tidak ada buah pepaya yang mubazir,” tegasnya seraya mengakui, jika program Karang Taruna berhasil, pihaknya akan menjadikan program tersebut sebagai percontohan di Kab. Ciamis.

Sementara Ketua MPKT Karang Taruna Kel. Maleber, Heri Rafni Kotari mengakui, sebanyak 500 bibit papaya California tersebut merupakan upaya swadaya warga Karang Taruna dalam upaya menjalankan programnya dibidang usaha produktif dengan memanfaatkan lahan yang ada.

“Kami hanya mendorong dan mendukung program-program yang ada di Karang Taruna, khususnya di Kel. Maleber. Mudah-mudahan sesuai harapan sehingga Karang Taruna Kel. Maleber dijadikan proyek percontohan dalam mengembangkan usaha holtikultura dan bermanfaat bagi warganya,” kata Heri.

Menurut Heri, perubahan imaje Karang Taruna yang sebelumnya identik dengan acara Agustusan dan berbagai olahraga ini harus terus dilakukan dengan mengusung kultur baru, diantaranya pemberdayaan SDM melalui program-program ekonomi kerakyatan melalui usaha produktif di berbagai bidang.

Selain Kadistan Tamanam Pangan Kab. Ciamis, Anggota DPRD Ciamis dalam acara tersebut hadir juga aparat pemerintahan setempat dan sejumlah Pengurus Karang Taruna Kab. Ciamis. (cZ-01)*

 
Share this article :

3 komentar:

  1. Alhamdulillah sekarang sudah mulai panen, yang ditanam oleh bu Tini (kadistan) pohonnya sangat bagus mengalahkan yang ditanam oleh a Heri, hehe..

    ReplyDelete
  2. Jempol untuk Karang Taruna Maleber, semoga bisa turut mengembangkan kuliner di Ciamis

    ReplyDelete
  3. Selain di sektor pertanian, Karang Taruna Nusa Bhakti Maleber Ciamis juga telah memiliki kegiatan pemberdayaan di unit-unitnya dengan kegiatan usaha di sektor peternakan dan perikanan, terutama kegiatan budidaya ikan gurame yang menjadi favorit khas Ciamis, budidaya dan pembesaran domba garut, ke depan diharapkan sedang dirintis kegiatan baru yaitu pembesaran budi daya ayam sentul khas Ciamis, dan kegiatan produksi "baby-fish" yang masih dalam tahap studi perencanaan, Aamiin YRA

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com