Home » » PT Harus Ikut Berperan Dalam P4GN

PT Harus Ikut Berperan Dalam P4GN

Written By yun ciamis on 22 February 2015 | 7:10 AM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Kondisi Bangsa Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah narkoba yang sangat menghawatirkan, tercatat 4 juta orang lebih terlanjur mengonsumsi narkoba, ditambah lagi dengan narkoba illegal baik sintetis, alami, maupun narkoba jenis baru yang beredar luas di masyarakat. 

Demikian diungkapkan Kepala BNN Kab. Ciamis, Drs. Dedy Mudyana, M.Si. yang juga mengakui, salah satu strategi nasional dibidang P4GN yaitu mendorong masyarakat menjadi imun narkoba, membantu korban penyalahgunaan narkoba agar pulih kembali, dan memberantas jaringan pengedar yang dijabarkan melalui arah kebijakan BNNK Ciamis.

“Pencegahan penyalahgunaan narkotika, penjangkauan dan pendampingan bagi korban penyalahguna dan pecandu narkoba ke tempat rehabilitasi yang terjangkau seluruh lapisan masyarakat agar tidak kambuh kembali, serta pemberantasan jaringan peredaran gelap narkoba. Salah satunya seminar pencegahan narkoba dilakukan di berbagai jenjang pendidikan, mulai dasar, menengah sampai ke kampus perguruan tinggi” katanya saat seminar pencegahan narkoba di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis, Senin (16/02/15).

Seminar dengan tema  Peran Perguruan Tinggi Dalam Upaya P4GN itu, dijelaskan lingkungan pendidikan merupakan lingkungan produktif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, mampu bersaing, berdaya guna dan berhasil guna sehingga diharapkan dapat meraih masa depan yang gemilang.

Masyarakat pendidikan didalamnya terdapat generasi penerus bangsa yang harus dapat mempertanggungjawabkan dirinya sendiri demi kemajuan bangsanya sendiri, sehingga mempunyai daya tangkal terhadap segala bentuk penyimpangan perilaku termasuk ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sesuai dengan program pemerintah dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) demi terciptanya tujuan lingkungan pendidikan bersih narkoba.

Sementara narasumber lainnya, Kepala Seksi Pemberantasan BNNK Ciamis, AKP. Herdis Suhardiman, S.H., M.M., dalam paparannya menyampaikan, kejahatan narkoba tergolong dalam “extra ordinary crime” atau kejahatan sangat luar biasa, yang dapat merusak seluruh generasi bangsa bahkan menyebabkan hilangnya generasi bangsa (lost generations) akibat penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dalam rangka menciptakan lingkungan kampus bersih narkoba, menurut AKP Herdis, masyarakat intelek di bawah manajemen lembaga perguruan tinggi dituntut memiliki arah kebijakan dalam upaya P4GN sehingga nama baik kampus tetap terjaga.

Respon positif diperlihatkan pengurus STIKes Muhammadiyah Ciamis, Irfan Ali Rahman, S.Kep. Nurs. yang mengapresiasi seminar sebagai informasi benar tentang narkoba bisa didapat, karena anak didiknya merupakan ujung tombak di dunia medis yang sehari-harinya berkecimpung dengan masalah kesehatan.

“Dilihat dari peruntukannya, narkoba digunakan untuk kepentingan medis dalam pengobatan, semoga para mahasiswa dapat memahami dan mengerti apa saja informasi yang benar tentang narkoba, sehingga diharapkan tidak terjadi penyalahgunaan narkoba,” katanya seraya berharap mahasiaswa yang mengikuti kegiatan seminar ini bisa memberikan kembali informasi tentang narkoba dan permasalahannya minimal teman kampusnya, lebih-lebih kepada masyarakat luas.**

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com