Home » » Amankan Aset Daerah, Andy Ali “Kembalikan Ruko Sesuai Site Plan”

Amankan Aset Daerah, Andy Ali “Kembalikan Ruko Sesuai Site Plan”

Written By yun ciamis on 12 March 2015 | 9:27 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Koordinator Pataka (Paduli ka Taneuh Kota), Andy Ali Fikri menyambut baik pernyataan ahli hukum dari Universitas Islam Indonesia Mukmin Zakie SH, M.Hum, PhD yang menegaskan setiap bangunan melanggar site plan harus dibongkar dan dikembalikan sesuai site plan.

“Dalam permasalahan ini banyak aturan yang tidak berjalan dengan baik, sehingga harus diluruskan karena berhubungan dengan asset pemerintah yang harus diamankan dan dikembalikan pada peruntukannya,” kata Andy usai mengikuti rapat Pansus Tanah/Ruko di Gedung DPRD Ciamis, Kamis (12/03/15).

Menurut Andy, ruko-ruko yang berderet di Pasar Manis depan Terminal Ciamis itu harus sesuai site plan dengan ukuran masing-masing 6x9 meter, selain itu juga harus dibangun tiga ruas jalan diantara deretan bangunan ruko.

“Jika saja tiga ruas jalan dibangun sesuai yang diamanatkan dalam site plan, dipastikan ada sejumlah bangunan yang dibongkar. Belum lagi pembangunan Ruang Hijau Terbuka di ujung deretan ruko sebelah timur,” katanya.

Intinya, menurut Andy, asset pemerintah harus dikembalikan, mulai dari status tanah dan bangunan sampai ke aliran sungai di belakang bangunan ruko yang “terkesan“ hilang.

“Para pengguna juga idealnya harus sewa kepada pemerintah bukan menguasai atau memiliki. Dari asset ruko ini saja dipastikan bisa mendongkrak PAD Ciamis,” katanya.

Sementara Ketua Pansus, Nanang Permana, SH mengakui, kajian akademik dari ahli hukum yang juga Direktur Pusat Studi Hukum Agraria Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia, Mukmin Zakie, SH, M.Hum, PhD merupakan salah satu tahapan dalam rangkaian kegiatan pansus sebelum mengambil keputusan.

“Pernyataan ahli hukum diperlukan sebelum Pansus mengambil kesimpulan, kami perlu data lengkap dari berbagai pihak agar kesimpulannya tidak merugikan semua pihak,” katanya seraya mengakui Pansus yang bekerja mulai awal Desember 2013 itu akan berakhir Jum’at, 20 Maret mendatang. (cZ-01)*
Share this article :

2 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com