Home » » Guru Kesenian se-Kabupaten Ikuti Workshop Teater

Guru Kesenian se-Kabupaten Ikuti Workshop Teater

Written By yun ciamis on 12 March 2015 | 11:46 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Dalam menjalankan program pembinaan kesenian dan perfilman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Ciamis melalui Bidang Kebudayaan menggelar workshop teater bagi guru kesenian setingkat SLTP dan sederajat se-Kab. Ciamis, di Aula Kampus SMAN 2 Ciamis, Kamis (12/03/15).

Acara yang kali pertama digelar oleh pemerintah di Kab. Ciamis itu, dibuka oleh Kabid Kebudayaan, Dudung Abdullah, S.IP, M.Pd mewakili Kepala Disdikbud yang diikuti lebih dari 100 orang guru dan pembina kesenian setingkat SLTP dengan harapan mereka mampu memahami seni teater hingga bisa diterapkan di sekolahnya masing-masing.

Menurut Dudung, pelaksanaan workshop merupakan program bidang kebudayaan pada Disdukbud yang akan digelar berkesinambungan sehingga para guru dan Pembina kesenian akan lebih memahami dalam mempraktekannya kembali di sekolah masing-masing.

Dijelaskannya, ada lima prinsip dalam membangun kebudayaan hingga bisa berkembang dan tetap hidup diterima masyarakat, diantaranya tidak terlepas dari nilai-nilai agama, nilai karakter kebangsaan, kedaerahan, kesukuan dan juga memperhatikan Hak Azasi Manusia (HAM).

Sementara Ketua Pelaksana yang juga Kasi Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Dedi Kusmana, S.Pd menjelaskan, workshop teater merupakan bentuk pembinaan terhadap guru-guru kesenian untuk memberikan tambahan wawasan bidang seni terater agar bisa diterapkan di sekolahnya masing-masing.

“Diharapkan para peserta nantinya bisa menerapkan atau mengajarkan kembali kepada anak didik, selain mampu mempraktekannya juga bisa membuat naskah teater dan dipentaskan,” katanya.


Pembukaan Workshop sehari itu diwarnai dengan pementasan Seni Bangbaraan dari Sanggar Kriya Banda Haur Pimpinan Abah Latif Cimaragas. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com