Home » » Perang Melawan Narkoba Terus Dikumandangkan

Perang Melawan Narkoba Terus Dikumandangkan

Written By yun ciamis on 11 March 2015 | 12:47 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Perang melawan narkoba terus dikumandangkan oleh setiap negara di dunia, dan belum pernah dimenangkan oleh negara mana pun.

Demikain diungkapkan Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNK Ciamis,  Rachman Chaerudin, S.Sos, sebagai narasumber dalam Seminar Tentang Pemberdayaan Masyarakat di Lingkungan SLTP dan SLTA yang diselenggarakan oleh Seksi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Ciamis, di Aula Laboratorium SMK Al-Huda Kec. Sadananya, Selasa (10/03/15).

Dalam paparannya yang bertema Pranserta Masyarakat dalam Menyikapi Darurat Narkoba di Indonesia dihadapan sebanyak 50 orang peserta, mulai Guru, pengurus sekolah dan siswa-siswi SMPN 1 Sadananya dan SMK Al-Huda itu, Rachman menjelaskan, belum ada satu negara pun di dunia yang mengklaim bebas dari narkoba.


“Amerika Serikat yang merupakan negara adidaya,  sampai sekarang masih menyatakan perang melawan narkoba. Mantan Menteri Kesehatan Australia, Michael Woldridge mengatakan bahwa Australia memiliki 40 tahun pengalaman dalam perang melawan narkoba dengan pendekatan hukum dan ternyata gagal” tambah Rachman.

Dijelaskannnya, kegagalan menangani narkoba disebabkan karena masyarakat menyerahkan sepenuhnya penanganan narkoba hanya kepada pemerintah, dalam hal ini BNN atau institusi penegak hukum lainnya.

“Untuk itulah melalui kegiatan Seminar tentang Pemberdayaan Masyarakat yang digelar oleh BNNK Ciamis ini dapat memotivasi masyarakat ikut berperanserta aktif membantu pemerintah menangani masalah narkoba, sebagaimana telah diamanatkan dalam Pasal 104 s/d 108 Peranserta Masyarakat dalam Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” tegasnya Rachman.

Hal senada dikuatkan oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNK Ciamis, Aris Nuryana S.Sos.  tentang Kebijakan dan Strategi Nasional di bidang P4GN, mulai dari bidang Pencegahan, Pemberdayaan Masyarakat, Rehabilitasi dan Pemberantasan.

Dari sisi rehabiilitasi, Aris menambahkan saat ini pemerintah Indonesia mencanangkan rehabilitasi 100 ribu pecandu narkoba dalam rangka menanggulangi Darurat Narkoba di Indonesia.



Khusus untukBNNK Ciamis siap merehabilitasi sebanyak 500 pecandu, dimana upaya rehabilitasi ini bisa melaporkan dirinya sendiri atau keluarganya, tetangga, kerabat atau siapapun yang dikenal sebagai pecandu ke BNNK Ciamis untuk difasilitasi ke tempat rehabilitasi baik medis maupun sosial yang sudah ditetapkan, dengan harapan pulih dan tidak relapse kembali ke narkoba.***
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com