Breaking News

Ruko Depan Terminal Akan Dibongkar?

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Bangunan ruko di Pasar Manis depan Terminal Ciamis dipastikan sudah melanggar hukum karena tidak sesuai dengan site plan yang ditetapkan pemerintah, sanksinya bangunan terebut harus dibongkar dan dikembalikan sesuai site plan.

Hal itu diungkapkan Direktur Pusat Studi Hukum Agraria dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Mukmin Zakie SH, M.Hum PhD yang diundang Pansus Tanah/Ruko DPRD Ciamis, Kamis (12/03/15) untuk memberikan pendapatnya terkait kasus yang sedang ditangani Pansus, mulai dari permasalahan ruislagh sampai pendapatnya terhadap status hukum bangunan ruko tersebut.

Ahli hukum dari akademisi itu mengungkapkan, dirinya tidak menilai secara kasusnya tapi hanya diundang untuk bertukar pikiran, namun kenyataannya jika memang bangunan ruko tersebut melanggar site plan tentunya harus dibongkar.

“Bangunan yang melanggar site plan harus dibongkar dan dikembalikan sesuai sate plan. Karena jika site plan belum ada perubahan sampai kapan pun tetap masih berlaku. Bukan hanya di Ciamis, dimana pun jika ada bangunan yang melanggar site plan sanksinya harus dikembalikan sesuai sate plan” katanya.

Sementara menyinggung masalah ruislagh, menurut Mukmin Zakie, setelah terjadinya proses peralihan, dari segi hukum tidak ada undang-undang yang pasti tentang ruislag.


“Ruislagh bisa dilakukan sesuai kondisi, jangan sampai merugikan dan harganya juga harus sama. Kasus tanah dan ruko yang menjadi permasalahan harus segera diselesaikan, jangan sampai berlarut-larut. Penyelesaiannya bias secara hukum atau musyawarah,” tegasnya usai mengikuti rapat pansus di Gedung DPRD Ciamis. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments