Home » » Bikers Ciamis Peduli Bahaya Narkoba

Bikers Ciamis Peduli Bahaya Narkoba

Written By yun ciamis on 15 April 2015 | 2:57 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Dihadapkan pada kondisi Indonesia Darurat Narkoba, dengan angka prevalensi mencapai 2,2 % dari penduduk Indonesia atau sekitar 5 juta orang menjadi pecandu narkoba pada usia produktif antara 10-59 tahun, dengan angka kematian 40-50 orang setiap hari.

Dengan kejadian tersebut menimbulkan kerugian ekonomi mencapai Rp50 triliun setiap tahun, sehingga kejahatan narkoba merupakan kejahatan yang sangat luar biasa (extra ordinary crime) dengan struktur kejahatan lintas negara (transnational crime), kejatahan terorganisir (organized crime) dan kejahatan serius (seriouse crime) hal ini berdampak pada hilangnya generasi bangsa karena nakroba (lost generations).

Menyikapi hal itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Ciamis melalui Seksi Pencegahan bekerjasama dengan Bikers Ciamis menggelar Penyuluhan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan masyarakat khususnya kepada para pencinta otomotif (biker), di Saung Bu Mamah 4 Kertasari Ciamis, Selasa (14/04/15). 

Diharapkan para pecinta otomotif bermotor (bikers) Ciamis memiliki kepedulian akan bahaya narkoba sekaligus menjadi agen informasi dikalangan generasi muda Ciamis terbebas dari ancaman narkoba.

Pembina Galuh Scooter Club, Drs. Agus S. Marcusi menyampaikan ucapan terimakasih kepada BNNK Ciamis yang telah melaksanakan kegiatan penyuluhandengan harapan bisa semaksimal mungkin dipahami dan mengambil pelajaran penting mengenai narkoba, sehingga masyarakat khususnya para biker Ciamis mempunyai pengetahuan tentang narkoba, dampak buruknya terhadap kesehatan serta sanksi hukum dari penyalahgunaan narkoba.

“Semoga komunitas All Biker Ciamis yang hadir bisa menyampaikan informasi ini kepada teman yang lainnya, jangan terputus hanya pada akhir kegiatan ini. Mari kita wujudkan Biker Ciamis Anti Narkoba khususnya dan lingkungan masyarakat Kabupaten Ciamis pada umumnya bersih dari narkoba,” kata Agus yang akrab disapa Abah itu.

Sementara menurut Kepala BNNK Ciamis, Drs. Dedy Mudyana M.Si. kondisi bangsa Indonesia Darurat Narkoba merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup bangsa dan Negara, sehingga dibutuhkan peranserta masyarakat dalam upaya P4GN termasuk para Bikers Ciamis yang didominasi generasi muda.

“Generasi muda dituntut peduli akan bahaya narkoba, sekaligus menjadi agen perubahan di masyarakat dalam membangun generasi penerus bangsa yang berahlak mulia, handal, mandiri dan bertanggungjawab terbebas dari ancaman narkoba,” kata Dedy.

Menyikapi permasalahan dimaksud ditambahkan Dedy, pemerintah mencanangkan gerakan nasional rehabilitasi 100.000 pecandu narkoba di Indonesia. Untuk itu diperlukan kesiapan BNNK Ciamis untuk melaksanakan kebijakan tersebut, namun tanpa peranserta masyarakat program tersebut tidak akan terlaksana. Dengan harapan melalui penyuluhan ini dapat menggugah kepedulian seluruh warga masyarakat berperan aktif membantu BNN menanggulangi masalah Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Seksi Pencegahan, Deny Setiawan, S.Sos., M.M., penyalahgunaan narkoba bisa terjadi kepada siapapun karena idak memandang usia, sebagai akibat pengaruh lingkungan yang kurang baik, baik lingkungan keluarga ataupun lingkungan bersosialisasi dengan yang lainnya.


“Peranserta semua pihak sangat dibutuhkan untuk menanggulangi bahaya penyalahgunaan narkoba ini. Kesimpulannya narkoba akan tetap ada hanya untuk dua kepentingan saja yaitu untuk kepentingan medis dan kepentingan ilmu pengetahuan, selain itu adalah penyalahgunaan dan perbuatan melawan hukum,” tegasnya.*** 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com