Home » » BNNK Cegah Narkoba Melalui ASBN

BNNK Cegah Narkoba Melalui ASBN

Written By yun ciamis on 13 May 2015 | 5:33 PM

ciamiszone.com :


BNNK CIAMIS,- Badan Narkotika Basional Kabupaten (BNNK) Ciamis, menggelar Penyuluhan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan Pendidikan, di Aula SMAN 3 Banjar, Rabu (13/05/2015).

Sebanyak sebanyak 100 siswa perwakilan dari SMAN 3 dan SMAN 1 Banjar, sebagai sekolah yang merupakan perwakilan dari Kota Banjar untuk mengikuti Lomba Aksi Sekolah Bersih Narkoba (ASBN) di wilayah IV-A Jabar yang meliputi Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Kepala Seksi Rehabilitasi Aris Nuryana, S.Sos, menjelaskan, ASBN adalah suatu program yang berisi serangkaian kegiatan yang ditujukan pada terciptanya kondisi lingkungan sekolah yang terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Serangkaian kegiatan dimaksud menggambarkan upaya sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah bersih narkoba yang melibatkan seluruh komponen di sekolah.

Kreatifitas sekolah dalam ASBN sangat penting, seperti halnya branding pesan anti narkoba, pembentukkan dan pelatihan satgas/kader, informasi bahaya narkoba baik melalui sosialisasi, penyuluhan, dan seminar, dan yang tidak kalah pentingnya adalah adanya kebijakan kepala sekolah tentang upaya P4GN sebagai ketetapan.   

Narasumber selanjutnya dari BNNK Ciamis, Suhendi, SH mengajak kepada para siswa agar tetap menjaga penampilan, karena jika pelajar sudah tergoda dengan narkoba akan merusak penampilan,  yang tentunya dapat merusak tatanan masa depan yang dicita-citakan.

Siswa pun dituntut memiliki kreatifitas baik di dalam maupun di luar sekolah, mengingat karateristik remaja pada siswa yang ingin serba mencoba, terpengaruh oleh pihak luar, emosional labil, tidak suka menunggu, ditambah tidak dalam pengawasan orang tua, hal inipun merupakan kondisi rentan dari ancaman narkoba, oleh sebabnya melalui kreatifitas siswa baik di dalam maupun di luar akademik termasuk ekstra kulikuler dapat membentuk kepribadian yang mandiri dan bertanggungjawab.

Diharapkan, melalui penyuluhan P4GN ini para siswa memiliki pengetahuan, pemahaman, kesadaran serta terampil menolak baik menyalahgunakan maupun mengedarkan narkoba, hal ini sebagai upaya imunitas bagi para siswa dari ancaman narkoba.***

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com