Home » » KKN Unigal Sosialisasikan Bahaya Narkoba

KKN Unigal Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Written By yun ciamis on 21 August 2015 | 4:18 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) Ciamis menggelar sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat, bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis sosialisasi digelar di Aula SMPN 2 Jatinagara dan Aula Desa Bunter Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis, Kamis-Jum’at (20-21/08/15).

Penanggungjawab kegiatan, yang juga Ketua KKN Posko Desa Mulyasari, Andifa menjelaskan, tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba kepada para pelajar, sehingga memiliki imunitas terhindar dari ancaman narkoba yang dapat menghancurkan masa depannya.

Hal senada disampaikan Kepala SMPN 2 Jatinagara, Lilis Hertati, S.Pd, M.Pd., yang mendukung dan mengapresiasi gagasan KKN mahasiswa Unigal Posko Desa Mulyasari dengan menghadirkan BNNK Ciamis.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Deny Setiawan, S.Sos., M.M., mengapresiasi KKN Mahasiswa Unigal sebagai agen pembaharu masyarakat yang mampu bersinergi dan berkoordinasi dengan BNN dan stakeholder lainnya dalam upaya membangun SDM masyarakat lebih maju, menyikapi permasalahan yang dihadapi termasuk masalah narkoba yang dewasa ini sangat mengkhawatirkan. 

 Dijelaskannya, kasus penyalahgunaan narkoba marak terjadi hampir disemua kalangan, sebagian besarnya adalah generasi muda yang merupakan generasi emas yang produktif.

Informasi bahaya narkoba ini sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dalam memberikan imunitas kepada para pelajar dan generasi muda, serta terciptanya lingkungan sekolah bersih narkoba.

Untuk itulah dibutuhkan peranserta semua pihak mulai dari tenaga pendidik, orang tua, serta masyarakat sekitar mendukung upaya P4GN guna terciptanya generasi bangsa yang mampu berprestasi dan memiliki pola hidup sehat tanpa narkoba,” tegasnya.

Sementara di Desa Bunter, Kec. Sukadana, sebanyak 150 orang perwakilan Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Pelajar lingkup Sukadana, mengikuti sosialisasi bahaya narkoba yang difasilitasi KKN Mahasiswa Unigal Posko Desa Bunter Periode II Tahun Akademik 2015-2016.

Acara sosialisasi ini digelar sebagai bukti kepedulian mahasiwa kepada masyarakat dalam mewaspadai ancaman narkoba yang dapat merusak generasi masa kini dan masa yang akan datang.

Menurut Ketua KKN Posko Desa Bunter, Afaldy mahasiswa Fakultas Ekonomi Unigal, tujuan sosialisasi bahaya narkoba ini selain dapat mengedukasi masyarakat akan bahaya narkoba juga memberikan imunitas dari ancaman narkoba yang dapat mengancam kapan saja, siapa saja dan dimana saja, untuk itu menggandeng BNNK Ciamis sebagai narasumber.

Deni kembali menjelaskan, melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat Desa Bunter Sukadana dapat memiliki sikap positif akan bahaya narkoba, serta terampil mampu menolak baik menyalahgunakan maupun mengedarkan, mengingat ancaman pidana bagi pelaku kejahatan narkoba sangatlah keras, namun bagi mereka para penyalahguna atau pecandu narkoba berlaku humanis, hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika bahwa pecandu atau penyalahguna narkotika wajib menjalani rehabiliasi.

Terkait dengan rehabilitasi, menurut Deny, pemerintah mencanangkan Gerakan Rehabilitasi 100.000 Penyalahguna Narkoba, untuk mensukseskan program dimaksud dibutuhkan peranserta seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa sebagai motivatornya.***

Share this article :

2 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com