Breaking News

Tim Penilai ASBN Terjun Ke Ciamis

ciamiszone.com :


CIAMIS,- Tim penilai Lomba Aksi Sekolah Bersih Narkoba (ASBN) di wilayah IV-A Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Provinsi Jawa Barat, terjun ke Kabupaten Ciamis guna melakukan penilaian tahap I Lomba ASBN tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015, Rabu (12/08/15).

Tim penilai gabungan dari unsur BKPP wilayah IV-A, Disdik Provinsi Jabar dan BNNP Jawa Barat secara maraton melakukan penilaian ke sekolah-sekolah yang sudah dicanangkan mulai dari Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya hingga Kabupaten Ciamis yang selanjutnya ke Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Untuk Kabupaten Ciamis diwakili oleh SMAN 1 Ciamis dan SMAN 3 Ciamis dimana sekolah tersebut merupakan sekolah yang sudah ditunjuk oleh pihak Disdik Kabupaten Ciamis untuk mengikuti lomba ASBN Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Jawa Barat, Drs. Wuryanto Sugiri, selaku tim penilai saat mengunjungi sekolah di Kabupaten Ciamis menjelaskan, ASBN merupakan suatu program yang berisi serangkaian kegiatan yang ditujukan pada terciptanya kondisi lingkungan sekolah yang terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Serangkaian kegiatan dimaksud menggambarkan upaya sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah bersih narkoba yang melibatkan seluruh komponen di sekolah,” katanya.

Menurutnya, materi penilaian lomba tahap I adalah mulai dari SK Penunjukan Dinas Pendidikan, SK Kepala Sekolah sebagai bentuk komitmen mewujudkan sekolah bersih narkoba, rangkaian kegiatan penanggulangan bahaya narkoba, baik itu berupa sosialisasi, seminar, kampanye anti narkoba yang melibatkan instansi terkait sebagai narasumbernya, pembentukan dan pelatihan kader atau satgas anti narkoba yang melibarkan para siswa,  branding anti narkoba baik dalam bentuk spanduk, banner, majalah dinding, pelaporan hasil kegiatan yang didokumentasikan secara sistematis, pelaporan penggunaan anggaran stimulan secara rinci, dan kreatifitas sekolah lainnya.
“Melalui lomba ASBN ini diharapkan menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Ciamis, sebagai upaya menciptakan lingkungan sekolah bersih narkoba,” tambahnya.

Kepala SMAN 1 Ciamis, Drs. H. Wawan Haryawan, M.Pd., sebagai salah satu wakil sekolah yang mengikuti lomba ASBN menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepadatim penilai, dimana program ASBN ini sangat berharga bagi sekolahnya untuk memotivasi seluruh siswa, tenaga pendidik, dan karyawan serta masyarakat di lingkungan sekolah untuk menciptakan sekolah bersih narkoba.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Kepala SMAN 3 Ciamis Bagian Kesiswaan, Dani Andrian, S.Pd., menuturkan bahwa komitmen sekolahnya untuk menciptakan lingkungan sekolah bersih narkoba bukan karena ada lomba ASBN semata, namun jauh-jauh hari sebelumnya sudah melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah dengan melibatkan instansi terkait sebagai pembina dan narasumber, termasuk siswanya pernah ditest narkoba oleh BNNK Ciamis.***

Post a Comment

3 Comments