Home » » GALUH GEULIS, Duta Desa Kabupaten Ciamis Tahun 2015

GALUH GEULIS, Duta Desa Kabupaten Ciamis Tahun 2015

Written By yun ciamis on 28 October 2015 | 1:26 PM

ciamiszone.com :
DALAM rangka mempromosikan potensi pembangunan wisata Kabupaten Ciamis sekaligus sebagai upaya melestarikan Budaya Sunda di Ciamis, Lembaga Pengawasan Pengembangan Pembangunan Desa (LP3D) Kab. Ciamis menggelar Pasanggiri GALUH GEULIS sebagai Duta Desa Kabupaten Ciamis Tahun 2015 selama Oktober sampai Desember 2015.

“Saat ini kami sudah memasuki tahap audisi terhitung Minggu (18/10) dan terus dilakukan setiap hari Minggu yang tersebar di lima titik di seluruh Kab. Ciamis, yang Insya Alloh pada 20 Desember digelar Grand Final,” kata Ketua Pelaksana, Yana Mulyana seraya menjelaskan audisi pertama digelar di Kantor Kec. Ciamis, kedua di Halaman Asatana Gede Kawali, selanjutnya di Aula Kantor Desa Sindangherang Kec. Panumbangan, lalu di Aula Desa Rancah Kec. Rancah dan terkakhir di Aula Kantor Kec. Banjarsari.

Dijelaksannya, Pasanggiri Galuh Geulis adalah sebuah proses regenerasi budaya antar generasi yang dilakukan demi menghasilkan kualitas generasi yang mengerti dan memahami akar budaya di Desa-Desa serta masyarakatnya di Kabupaten Ciamis. Peserta juga dituntut untuk bisa menguasai minimal satu budaya desa sehingga akan terasah pengetahuannya tehadap budaya sunda.


Bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Disparekrap, Disdikbud dan BPMPD Kab. Ciamis, pasanggiri Galuh Geulis akan digelar setiap tahun dengan tujuan mampu mengetahui pengembangan Desa dari obyek wisata budaya Desa baik secara fisik maupun non fisik, berusaha mengungkapkan dampak-dampak positif dari pengembangan obyek wisata terhadap kebudayaan, kesenian dan sistem religi daerah setempat. Selain itu juga berusaha mengungkapkan dampak-dampak negatif dari pengembangan obyek wisata terhadap kebudayaan, kesenian dan sistem religi daerah setempat. Meningkatkan pendapatan desa pada khususnya serta pendapatan daerah dan masyarakat pada umumnya, perluasan kesempatan dan lapangan kerja, mendorong kegiatan industri penunjang pariwisata dan industri sampingan lainnya.

Out pun dari kegiatan ini juga nantinya diharapkan bisa memperkenalkan dan mendayagunakan keindahan alam dan budaya desa sebagai wisata. Meningkatkan persaudaraan antar sesama di desa desa Kabupaten Ciamis dan mengangkat potensi wisata lainnya yang ada di desa dimana nantinya ikut Promosi dengan mengikuti event pariwisata di tingkat nasional.


“Diprogramkan untuk menggali potensi-potensi lain yang bisa berperan dalam perkembangannya. Diantaranya pemanfaatan Sumber Daya Manusia sebagai Generasi kedepan. Upgrade potensi/aset sebagai ajang promosi yang ada di Desa-Desa melalui program Pemilihan Duta Desa, seni dan budaya. Meliputi Potensi Alam, Adat daerah, Kerajinan tangan dan Makanan Olahan,” kata Yana. (cZ-01)*
Share this article :

4 komentar:

  1. thanks,i like your post,and i wait a new post again. and , good luck.

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasiny gan..

    http://www.pelangsingwscbiolo.net/
    http://www.klikme.net/
    http://www.pelangsingherbalwscbiolo.com/
    http://www.obatpelangsingherbalalami.net/

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com