Breaking News

Bangun Sinergitas Lembaga Rehabilitasi Melalui Rakor


ciamiszone.com :

CIAMIS,- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis membangun sinergitas kelembagaan dibidang rehabilitasi bersama Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) di wilayah kerja BNNK Ciamis melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penguatan LRKM, di ruang penyuluh BNNK Ciamis, Kamis (26/11/2015).

Dalam rangka mensukseskan Program Rehabilitasi 100.000 Penyalahguna Narkoba, dibutuhkan lembaga rehabilitasi yang kualified dengan sumber daya manusia yang handal dan profesional sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik kepada residen. Untuk itulah BNNK Ciamis melalui Seksi Rehabilitasi menggelar Rakor bersama LRKM di wilayah kerja BNNK Ciamis.

Peserta Rakor persiapan penguatan LRKM, sebanyak 20 orang perwakilan dari 7 Lembaga yaitu Yayasan Serba Bhakti Suryalaya Panumbangan Ciamis, Inabah 17 Cihaurbeuti Ciamis, Inabah 18 Cihaurbeuti Camis, Inabah 24 Panumbangan Ciamis, Inabah 25 Panumbangan Ciamis, Yayasan Ar-Rahmaniyyah Cijeungjing Ciamis dan Yayasan I’Anatush-Shibyan Mangunjaya Pangandaran.

Kepala BNNK Ciamis, Drs. Dedy Mudyana M.Si mengajak kepada para pihak yang memiliki tugas mulia di bidang rehabilitasi khususnya LRKM agar tetap berkomitmen menyelematkan korban penyalahguna dan atau pecandu narkoba untuk tetap menjalankan aktifitas kehidupannya sebagaimana manusia sehat pada umumnya melalui proses rehabilitasi yang paripurna, dengan harapan mereka tidak kambuh kembali, memiliki aktifitas yang positif dan dapat diterima kembali ke masyarakat.


Sementara Kasi Rehabilitasi, Aris Nuryana, S.Sos, selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan strategi bidang rehabilitasi adalah, meningkatnya angka pemulihan penyalahguna dan/atau pecandu narkoba yang selesai mengikuti proses Terapi dan Rehabilitasi, Meningkatnya keterampilan mantan penyalahguna dan/atau pecandu narkoba melalui program Pasca-Rehabilitasi / After-Care dan dapat diterima kembali di masyarakat, serta meningkatnya kapasitas lembaga rehabilitasi medis dan sosial di wilayah kerja BNNK Ciamis.

Iapun menambahkan, persiapan penguatan LRKM di wilayah kerja BNNK Ciamis perlu dilakukan pemetaan lembaga rehabilitasi dengan harapan melalui hasil pemetaan ini LRKM memenuhi standar opersional prosedur (SOP) serta standar pelayanan prima (SPP) kepada residen yang diawali dengan profil kelembagaam, legalitas formal, kapasitas layanan, sumber daya manusia, sarana prasarana, dukungan anggaran serta fasilitas penunjang lainnya. Hal ini harus menjadi satu kesatuan yang utuh agar dalam memberikan penguatan LRKM tepat sasaran.***

Post a Comment

1 Comments

  1. thanks,i like your post,and i wait a new post again. and , good luck.

    ReplyDelete