Home » » Kodim O613/Ciamis Dukung Program P4GN Secara Rutin

Kodim O613/Ciamis Dukung Program P4GN Secara Rutin

Written By yun ciamis on 30 December 2015 | 5:22 PM


ciamiszone.com :

CIAMIS,- Kodim 0613/Ciamis bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis menggelar sosialisasi bahaya narkoba sebagai upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada jajaran TNI, FKPPI, PPM, Mahasiswa Unigal, dan Pepabri, di Aula Makodim 0613/Ciamis, Rabu (30/12/2015).

Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar, juga secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan integritas, identitas serta keberlangsungan hidup bangsa dan Negara.

Demikian diungkapkan Kasdim 0613/Ciamis Mayor Inf. Aat Supriatna, yang juga menjelaskan tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Ia menambahkan banyak faktor yang dapat mengancam ketahanan nasional, salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba, untuk itulah jajaran Kodim 0613 menggelar Program P4GN secara rutin setiap tiga bulan satu kali dalam upaya membentengi prajurit TNI dan masyarakat dari ancaman narkoba yang dapat mengancam pula terhadap ketahanan nasional.


Sementara narasumber dari BNNK Ciamis, Heri Kurniawan, S.Sos, mengapresiasi jajaran Kodim 0613/Ciamis dalam mendukung program P4GN secara rutin.

Menurutnya, pentingnya meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman narkoba, dimana Indonesia telah ditetapkan status darurat narkoba oleh Presiden beberapa waktu lalu.

“Indonesia adalah Negara dengan jumlah penduduk yang tinggi dan dengan letak geografis yang menguntungkan, hal ini pun menjadi salah satu penyebab mudahnya akses narkoba masuk Indonesia, tentu saja merupakan ancaman besar bagi ketahanan nasional bangsa,” katanya.

Selain berdampak pada kesehatan individu, sosial, dan hukum, narkoba pun berdampak terhadap hilangnya rasa patriotisme, nasionalisme dan semangat bela Negara inipun menjadi bukti kuat bahwa narkoba mengancam ketahanan nasional, pungkas Heri.***
Share this article :

1 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com