Home » » Tingkatkan Kapasitas Karang Taruna Dalam Upaya P4GN

Tingkatkan Kapasitas Karang Taruna Dalam Upaya P4GN

Written By yun ciamis on 29 December 2015 | 9:51 PM


ciamiszone.com :

CIAMIS,- Desa Muktisari Kecamatan Cipaku bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis menggelar Sosialisasi Bahaya Narkoba dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Karang Taruna, di Balai Desa Muktisari Selasa (29/12/2015).

Karang Taruna memiliki peran strategis dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan masyarakat, mengingat anggota karang taruna didominasi generasi muda dituntut berperanserta aktif dalam membangun sumber daya di masyarakat, baik fisik maupun mental.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Hendra Sundara menjelaskan, kegiatan yang diikuti oleh 110 perwakilan dari unsur pemuda dan Karang Taruna lingkup Desa Muktisari sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 5 tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Menurutnya, salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintahan Desa Muktisari ini dengan menggelar sosialisasi bahaya narkoba bagi kelembagaan Karang Taruna yang notabene anggotanya sebagian besar dari unsur pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Muktisari, Rohman Rusmana, yang berharap seluruh anggota Karang Taruna mampu menyerap informasi yang benar tentang bahaya narkoba, dampak buruknya terhadap kesehatan serta sanksi hukum bila menyalahgunakan, yang tentunya mampu pula disampaikan kembali di lingkungan masyarakat.

Kepala BNNK Ciamis, Drs. Dedy Mudyana M.Si., yang hadir dalam sosialisasi tersebut menyampaikan paparan terkait dengan strategi P4GN, yaitu mendorong masyarakat menjadi imun Narkotikamembantu korban penyalahgunaan agar pulih kembali, serta memberantas jaringan peredaran gelap narkoba, hal ini sebagai upaya menciptakan lingkungan masyarakat bersih narkoba.

Dalam upaya P4GN, kapasitas kelembagaan Karang Taruna perlu dukungan masyarakat, mengingat potensi Karang Taruna memiliki peran strategi dalam pembangunan karakter generasi muda.

Melalui kemandirian inilah dapat terjalin hubungan harmonis antar stakeholder di masyarakat yang tentunya mampu membangun masyarakat dinamis, berprestasi, serta memiliki pola hidup sehat tanpa narkoba.***

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com