Home » » Desa Bendasari Prioritaskan Pembangunan Jalan

Desa Bendasari Prioritaskan Pembangunan Jalan

Written By yun ciamis on 30 January 2016 | 4:23 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Jalan sepanjang 500 meter dengan lebar 2,5 meter di Dusun Cirahab, Desa Bendasari, Kecamatan Sadananya menjadi prioritas utama pembangunan infrastruktur Desa Bendasari.

Kepala Desa Bendasari, Jalil Kurdiana mengakui hal itu kepada ciamiszone di Ruang Kerjanya, Sabtu (30/01/2016).

Menurut Jalil, tahun ini pihaknya sudah siap menganggarkan perbaikan jalan sepanjang 500 meter yang saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan itu.

“Bantuan yang diturunkan pemerintah kepada Desa Bendasari tahun 2016, tahap pertama akan digunakan untuk perbaikan jalan Babakan Cirahab, tapi nanti jika dananya sudah dikucurkan,” katanya.

Dijelaskan Jalil, jalan sepanjang 500 meter itu rusak akibat kurang perawatan, apalagi saluran pembuangan airnya tidak teratur, ditambah lagi dengan banyaknya pohon yang akarnya merambat ke tengah jalan menimbulkan retak-retak.

“Kondisi jalan retak-retak, aspal dan batu pun berceceran jika terlindas kendaraan, ini mengakibatkan jalan semakin parah,” katanya.


Sementara Sekretaris Desa Bendasari, Yayat menambahkan, agar kondisi jalan terawat diharapkan kesadaran masyarakat setempat untuk merelakan pohon-pohon miliknya ditebang.

“Tidak dipungkiri keberadaan pohon kelapa dan pohon-pohon besar lainnya ikut merusak kondisi jalan dengan akar-akarnya yang menjalar ke ruas jalan,” tambahnya.

Kepala Desa didampingi Sekdes, berpesan kepada warganya agar berhati-hati melewati jalan Babakan Cirahab yang memang kondisinya mengkhawatirkan. Tapi, jangan khawatir karena jalan tersebut akan segera diperbaiki dan warga pun dihimbau meningkatkan kesadaran untuk terus melakukan perawatan dengan bergotong royong membersihkan saluran drainase, pohon dan akar-akaran yang bisa mengakibatkan kerusakan jalan.

“Setelah diperbaiki nanti, mari bersama-sama memelihara infrastruktur yang ada karena itu merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintahan desa dengan masyarakat,” tegasnya.

Sedangkan warga setempat, Soleh (50) mengaku pernah menjadi korban rusaknya jalan tersebut akibat tergelincir dan mengaku malas melewati jalan itu lagi.



“Sepanjang belum diperbaiki, saya males lewat jalan Babakan Cirahab itu, takut jatuh lagi,” akunya. (Sodik)*
Share this article :

2 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com