Home » » Upgrading Pembaca Meter, Jadi Ujung Tombak PDAM

Upgrading Pembaca Meter, Jadi Ujung Tombak PDAM

Written By yun ciamis on 13 February 2016 | 4:15 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Petugas pembaca meter air PDAM merupakan ujung tombak PDAM Tirta Galuh Ciamis, selain bertugas langsung menghubungi pelanggan PDAM untuk mencatat berapa air PDAM yang digunakan setiap bulannya, mereka juga harus paham hak dan kewajiban pelanggan.

Hal itu diungkapkan Direktur PDAM Tirta Galuh, Cece Hidayat, Sabtu (13/02/16) disela kegiatan Upgrading Pembaca Meter di Aula PDAM Tirta galuh Ciamis.

“Sebanyak 21 pembaca meter yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di enam wilayah PDAM Tirta Galuh di Kab. Ciamis dan Kab. Pangandaran mengikuti upgrading dengan harapan mereka paham terhadap kinerja PDAM dan berbagai permasalahannya, sehingga mampu jadi ujung tombak PDAM,” kata Cece.

Menurut Cece, mereka harus mampu menjelaskan kepada pelanggan ketika mendapat keluhan, jangan sampai hanya bisa menulis stand awal dan stand akhir saja setiap bulannya. Padahal mereka yang lebih dekat dengan pelanggan karena terjun langsung ke lapangan mendatangi rumah-rumah pelanggan.

“Upgrading pembaca meter merupakan bentuk upaya peningkatan PDAM dalam melayani pelanggan, bukan hanya pembaca meter, kedepannya seluruh karyawan PDAM akan mendapatkan kegiatan serupa, mereka berfungsi sebagai penyambung lidah PDAM kepada pelanggan,” katanya.

Cece menjelaskan, kedepannya baik pencatat meter atau pun seluruh karyawan harus bisa menjawab keluhan pelanggan.

“Jangan sampai yang terjadi selama ini cukup menjawab ‘Tidak tahu, saya bukan bagiannya’ tapi harus mampu menjawab sesuai aturan yang ada, baik masalah hak dan kewajiban pelanggan atau pun masalah lainya yang perlu diketahui oleh pelanggan,” katanya.

Hal senada diungkapkan Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Galuh Ciamis, Dadan Firdaus Helmi, yang menurutnya semua karyawan PDAM diwajibkan tahu permasalahan yang dihadapi PDAM saat ini dan mampu menjelaskan kepada pelanggan.

Dari 21 orang pencatat meter yang betugas di enam wilayah kerja PDAM Tirta Galuh Ciamis, setiap orangnya bertugas mencatat 700 sampai 2000 meteran dari sebanyak 23.800 pelanggan PDAM yang tersebar di wilayah Ciamis, Sindangkasih, Panumbangan, Kawali, Bapamapurla (Banjarsari, Padaherang, Manganti, Purwadadi dan Lakbok), dan Pangandaran.

Dijelakannya, untuk kelancaran proses melayani pelanggan tentunya mereka harus tahu pedoman PDAM baik berupa Peraturan Daerah (Perda) atau pun Peraturan Bupati (Perbup)-nya.


Jika petugas tidak paham terhadap tugasnya akan berdampak terhadap kerugian secera keseluruhan, tidak hanya perusahaan saja yang dirugikan tapi para pelanggan juga akan merasa dirugikan. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com