Home » , » Festival Pesona Galuh Nagari 2016

Festival Pesona Galuh Nagari 2016

Written By yun ciamis on 19 August 2016 | 9:44 PM

ciamiszone.com :
ALUN-ALUN,- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menetapkan Ciamis sebagai tempat digelarnya program Pesona Indonesia. Untuk lebih menekankan muatan lokal, program Kemenpar di Ciamis pun bertajuk Festival Pesona Galuh Nagari 2016.

Kasubid Wisata Sejarah dan Religi, Kemenpar RI, Dr. Wawan Gunawan, S,Sn.MM mengatakan, dalam pelaksanaannya Festival Pesona Galuh Nagari 2016 melibatkan seluruh komponen masyarakat Ciamis, para pelaku wisata, dan Budayawan Kabupaten Ciamis.

“Acara puncaknya akan dimeriahkan dengan pertunjukan Wayang Ajen Spectacular di Alun-alun Ciamis, Sabtu (20/8/2016) malam,” kata Wawan kepada ciamiszone.com, Jumat malam (19/08/2016).

Menurut Wawan, Festival Pesona Galuh Nagari 2016 bertemakan “ CULTURE ART of GALUH “, tujuannya agar terciptanya multiplier effect dari sektor pariwisata yang berpeluang dapat berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,  dalam mencapai  pembangunan berkelanjutan  dan kepariwisataan bertanggungjawab.


Selain itu juga untuk peningkatan Sumber Daya Manusia Sadar Wisata dalam pencapaian obyek wisata menjadi tujuan wisata guna meningkatkan potensi daerah dan pendapatan asli daerah.

Dijelaskannya, Kabupaten Ciamis yang terdiri atas 27 kecamatan, dengan destinasi wisata alamnya yang menawan dan memiliki nilai sejarah.

Dengan  mengkolaborasikan berbagai kegiatan lomba serta pertunjukan seni akan lebih mendekatkan seni tradisional kepada warga Tatar Galuh.

Pelaksanaan Festival Pesona Galuh Nagari 2016 dengan tema CULTURE ART of GALUH ini rencananya akan dibuka oleh Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik, Kemenpar RI, Dr. H. M.  Iqbal Alamsjah, MA dihadiri  Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin dan  Anggota Komisi X DPR-RI, Puti Soekarno.

Festival akan dimulai sejak pagi di Alun-alun Ciamis dengan menyajikan  Workshop Wisata Edukasi Budaya yang melibatkan anak-anak sekolah SD, SMP, SMA di Ciamis, Musik  Gamelan Tatalu dan Atraksi Anak Bebegig.

Menjelang malam digelar Prosesi Pembukaan/Ekspresi Pesona Galuh Nagari, persembahan khusus musik dan Tari Religi oleh Artis Pop Sunda, Yanti Puja, Kidung Suci dan ditutup dengan Kolaborasi Pertunjukan Panggung Pesona Galuh Nagari, terdiri dari Wayang Ajen , Mutimedia, penampilan dai, penyair, penari, penyanyi dan pelawak.


(cZ-01)**
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com