Home » » Taruna Tani Ciamis Diharapkan Lebih Berdaya dan Mandiri

Taruna Tani Ciamis Diharapkan Lebih Berdaya dan Mandiri

Written By yun ciamis on 25 August 2016 | 3:18 PM

ciamiszone.com :
CIJEUNGJING,- Kemandirian dan kedaulatan pangan akan sangat mungkin tercapai jika para petani memiliki kemampuan untuk berdaya dan produktif sejak dini.

Untuk mencapai hal ini Badan Pengurus Taruna Tani Kabupaten Ciamis menggelar Pelatihan Kelompok Taruna Tani dan atau Petani Muda Wirausaha se-Kabupaten Ciamis di aula kampus SMK Al Asy'ariah, Ciancang Desa Utama Cijeungjing, Kamis, ( 25/08/2016).

Ketua Umum Badan Pengurus Taruna Tani Kabupaten Ciamis, Noer JM mengatakan, pelatihan yang mengusung tema "Bersama berusaha meningkatkan kreativitas dan kemampuan untuk petani muda mandiri" diikuti sekitar 148 peserta yang terdiri dari 54 kelompok Taruna Tani dan Taruna Tani Putri se-Kab. Ciamis.


“Pelatihan ini dimaksudkan untuk mendorong dan memberikan motivasi bagi anggota kelompok Taruna Tani agar mampu berdaya dan berwirusaha dalam bidang pertanian sejak usia muda,” katanya.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien 10 Agustus lalu menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kab. Ciamis, yang menguraikan materi tentang Pemberdayaan Kelompok Usaha Pertanian.

Disamping itu Dinas Peternakan dan Perikanan pun memberikan materi tentang Budidaya Peternakan dan Perikanan yang diikuti antusias para peserta.

Tak ketinggalan, peserta juga diberikan paparan dan pandangan tentang Kemandirian Usaha Pertanian dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM. Hanya saja, sangat disayangkan salah satu pemateri (narasumber) dari BP4KKP yang akan memberikan penjelasan tentang Manajemen Kelompok Taruna Tani berhalangan hadir meskipun panitia telah melakukan konfirmasi intens.

Selain pelatihan, menurut Noer JM, Badan Pengurus Taruna Kab. Ciamis juga melakukan pembinaan dengan turun langsung ke daerah-daerah di Kab. Ciamis untuk memotivasi dan mendorong kelompok-kelompok Taruna Tani agar lebih berdaya dan mandiri.


“BP Taruna Tani Kab. Ciamis melakukan mediasi dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait  agar kelompok Taruna Tani di daerah mendapatkan legalitas dan bantuan untuk pengembangan usahanya,” katanya. (Didon)
Share this article :

4 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com