Home » » Gelar Potensi Kartun Gulirkan Miliaran Rupiah

Gelar Potensi Kartun Gulirkan Miliaran Rupiah

Written By yun ciamis on 03 January 2017 | 12:33 AM

ciamiszone.com : 
CIAMIS,- Lebih dari 20 stand produk Karang Taruna (Kartun) kecamatan dan kelurahan/desa di Kabupaten Ciamis dan puluhan stand pendukung lainnya diprediksi mampu menciptakan perputaran uang mencapai miliaran rupiah.

Gelar Potensi Karang Taruna yang digagas Karang Taruna Kecamatan Ciamis itu diresmikan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin didampingi Wakil Bupati, H. Oih Burhanudin, Selasa (27/12/2016) berlangsung sampai Minggu (8/1/2017).  Setiap harinya menyedot pengunjung mencapai ribuan orang.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis, Atep Hasanudin didampingi Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Bidang Pemberdayaan Ekonomi dan UMKM, Nandang mengakui, setiap stand Kartun setiap harinya rata-rata mampu meraup Rp500 ribu hasil dari penjualan produk, sementara stand puluhan stand pendukung dirata-ratakan Rp3 juta.

“Stand Karang Taruna penjualannya sangat bervariasi ada yang menjual produk, ada juga yang hanya gelar potensi/pameran sehingga tidak terpaku pada omset. Jadi kami rata-ratakan hanya Rp500 ribu saja,” kata Atep, Senin (2/1/2017).

Lain lagi dengan stand pendukung yang memang berorientasi pada bisnis, sejumlah stand mampu meraup belasan juta setiap harinya. Dan jika dirata-ratakan minimal Rp4-5 juta setiap stand.

"Angka itu hasil penjualan, belum lagi sejumlah pengunjung yang sengaja memesan produk di stand Karang Taruna yang ditindaklanjuti dnegan transaksi lanjutan," tambah Nandang.

Menurut  Atep dan Nandang, keberadaan Gelar Potensi Karang Taruna ini mencerminkan masih tingginya minat masyarakat Ciamis terhadap daya beli sehingga perputaran nominal pun dalam dua minggu bisa mencapai miliaran rupiah.

“Ini kegiatan pertamakalinya digelar Karang Taruna sebagai bukti keberadaan Karang Taruna di Ciamis tidak vakum. Biasanya even seperti ini digelar oleh gabungan organisasi kepemudaan dan jiuga ormas lainnya,” kata Atep.

Diakuinya, Gelar Potensi dengan tema Membangun Kemandirian Pemuda diharapkan mampu menggali potensi daerah sehingga Karang Taruna kelurahan dan desa tampil dengan potret potensi masing-masing untuk selanjutnya bisa terus dikembangkan hingga dan menjadi potensi unggulan untuk Kabupaten Ciamis.

“Masih banyak potensi produk-produk daerah yang belum tergali, disini Karang taruna harus mampu menampilkan potensi tersebut untuk selanjutnya bisa dikembangkan menjadi produk unggulan,” katanya.

Hal senada diungkapkan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, menurutnya, Gelar Produk Karang Taruna ini harus menjadi agenda tahunan untuk menampilkan potensi daerah yang selama ini belum tergali.

“Tidak dipungkiri, Ciamis memiliki sejumlah potensi dengan produk unggulan, namun kualitas dan kemasan masih menjadi kendala. Kedepannya jangan hanya melibatkan Karang Taruna saja, tetapi khusus desa-desa yang memiliki potensi unggulan tersendiri juga harus dilibatkan,” katanya.

Bupati pun sangat mengapresiasi Gelar Potensi Karang Taruna, bahkan kawasan Jalan Koperasi sebagai lokasi sudah dicanangkan untuk event pameran serupa, seperti menjelang Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang biasa digelar oleh KNPI. (Yun)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com