Home » » Karang Taruna Harus Jadi Mitra Pemerintah Untuk Ciamis Mandiri

Karang Taruna Harus Jadi Mitra Pemerintah Untuk Ciamis Mandiri

Written By yun ciamis on 06 January 2017 | 4:06 PM

ciamiszone.com :
Gd. PKK,- Keberadaan Karang Taruna diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah dalam upaya menjadikan desa mandiri, kecamatan mandiri dan tentunya Kabupaten Ciamis yang mandiri.

"Harapan saya, potensi yang ada di Karang Taruna bisa menjadi mitra pemerintah untuk menjadikan desa mandiri, kecamatan dan kabupaten mandiri. Dengan peran Karang Taruna di seluruh lapisan," kata Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin dalam sambutan pembukaan Diskusi Umum Karang Taruna Kabupaten Ciamsi yang mengambil tema "Menggali Potensi Karang Taruna Kabupaten Ciamis Menuju Kenandirian" di Gd. PKK, Ciamis, Jumat (6/1/2017).

Menurut Bupati, keberadaan Karang Taruna sudah jelas legalitasnya secara organisasi, dan diakui dari mulai tingkat pusat, propinsi, kabupaten hingga desa. Sehingga seluruh pemangku kebijakan jangan memandang Karang Taruna dengan sebelah mata.

"Kepada seluruh SKPD yang notabene sebagai pembina teknis Karang Taruna, saya akan mengingatkan agar memperhatikan keberadaan Karang Taruna karena Karang Taruna sangat terstruktural dan menyebar di seluruh pelosok desa," tegasnya.

Menurut Bupati, banyak potensi yang tersebar di desa-desa yang bisa digali dan selanjutnya dikembangkan menjadi potensi desa/kecamatan sehingga memunculkan nama baik Kabupaten Ciamis.

Keberadaan Karang Taruna sangat strategis untuk melakukan berbagai kegiatan dalam menuju pembangunan Kabupaten Ciamis, karena keberadaan Kartun berada di kelurahan, desa-desa dan kecamatan.

"Untuk itu saya titipkan kepada pembina teknis (dalam hal ini SKPD) yang ada di Kabupaten Ciamis untuk memperhatikan Karang Taruna. Masih adanya kurang pehatian dari pemerintah menjadi catatan khusus untuk lebih mensosialisasikan kepada pejabat," tegasnya.

Lebih jauh Bupati mengingatkan, potensi Karang Taruna cukup banyak, mulai sumber daya manusia, alam dan lingkungn di masyarakat, sangat banyak untuk digali agar Karag Taruna terus berkiprah mulai tingjat desa, kecamatan dan kabupaten.

Ditegaskan Bupati, untuk progam pembangunan di desa, anggaran desa cukup besar, mulai dana desa, ADD sampai bantuan lainnya dari propinsi dan pusat, hingga dirata-ratakan minimal mencapai Rp1,6 miliar per desanya.

Karang Taruna bisa saja mendapatkan hibah dari desa, karena anggaran yang digelontorkan ke desa itu bukan hanya untuk infrastruktur saja, tetapi juga ada untuk pemberdayaan.

"Memang bagi desa yang infrastrukturnya minim, sangat berat untuk pengalokasikan bagi pemberdayaan pemuda atau Karang Taruna secara masksimal, tetapi bagi desa yang infrstrukturnya mendekati 70%, itu sedang saya upayakan agar bisa dialokasikan kepada pemberdayaan," katanya.

Dengan besarya anggaran yang turun ke desa, diharapkan Karang Taruna ikut mengawasi penggunaannya.

"Saya sudah berkomunikasi dengan KPK, bagaimana cara mengawasi penggunaan anggaran yang diterima desa, teryata seluruh masyarakat termasuk Karang Taruna diharuskan melakukan pengawasan," tegasnya.

Pemateri pertama dalam diskusi itu menghadirkan Asisten Perekonmain, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. HM. Soekiman yang menggarisbawahi potensi Ciamis yang perlu ditindaklanjuti oleh Karang Taruna diantaranya bidang pariwisata.

"Sejak Pangandaran dilepas menjadi kabupaten, Ciamis memang kehilangan sejumlah obyek wisata, kenapa tidak potesni  wisata yang ada digali oleh Karang Taruna dan sekaligus memberdayakan anggotanya sebagai pemandu wisata," katanya.

Sementara paemateri kedua, Drs. Oyat Nuraya, M.Ag mewakili anggota legislatif menekankan, pihaknya di legislatif sudah memperjuangkan pengucuran dana bantuan kepada Karang Taruna terutama di kelurahan dan desa agar mampu mengembangkan potensi yang ada.

"Tunggal kita pinter-punternya mengembangkan potensi, kami dari dewan hanya bisa membantu sesuai keuangan yang ada, tetapi itu harus benar-benar digunakan hingga bisa menghasilkan untuk kesejahteraan anggota Karang Taruna," kata Oyat. (Yun)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com