Home » » Meski Personel Belum Ideal, Satpol PP Dituntut Profesional

Meski Personel Belum Ideal, Satpol PP Dituntut Profesional

Written By yun ciamis on 29 March 2017 | 3:55 PM

ciamiszone.com :

LOKASANA,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang juga membawahi Pemadam Kebakaran (Damkar) dituntut bekerja profesional meski keberadaan personelnya masih belum ideal.

Wakil Bupati Ciamis, H. Oih Buhanudin mengatakan hal iitu usai memimpin upacara peringatan HUT ke 67 Satpol PP dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke 55, dan Satuan Pemadam Kebakaran ke-98  Kabupaten Ciamis di Taman Lokasana Ciamis, Rabu (29 /3/ 2017).

“Dengan bertambahnya usia, saya berharap Satpol PP lebih propesional, lebih baik dalam pelayanan terhadap masyarakat, walaupun masih belum ideal dalam jumlah personelnya, baik itu Satpol PP atau pun petugas Satuan Damkar,’ katanya.

Menurut Oih, pihaknya akan memikirkan untuk penambahan personel Satpol PP dan petugas Damkar, pasalnya personel yang ada tak mencukupi dengan luas wilayah yang ada di Kabupaten Ciamis.

Menanggapi hal itu, Kepala Satpol PP Kab. Ciamis, Drs. H. Jenal Abidin Apandi, SIP, M.Si mengakui, dari 27 kecamatan, personel Sat Pol PP yang berstatus PNS hanya 67 personel, dan non PNS ada 54 personel.


“Ini tentu saja tidak mencukupi standar pelayanan yang telah di tentukan. Apalagi ada salah satu kecamatan hanya di isi satu personel tanpa ada anak buah. Padahal idealnya dalam satu kecamatan minimal 6 personel. Apalagi jika diidealkan dengan jumlah desa yang ada, ditambah satu kasi, walaupun di desa ada Linmas,” kata Jenal.

Dijelaskannya, untuk Kabupaten Ciamis idealnya personel Sat Pol PP berjumlah 300 orang, dengan kekurangan ini pihaknya sudah berkordinasi dengan atasannya dalam perrekrutan personel baru.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Hediat mengakui kekurangan porsonel di Satpol PP maupun Damkar.

Menurutnya, yang menjadi masalah kebutuhan pegawai kita perlu banyak, namun untuk satu regu Satpol PP saja belum bisa yang PNS.

“Kendalanya karena pemerintah daerah tak mempunyai kewenangan untuk mengangkat PNS, sementara untuk menyikapi kekurangan pegawai di Satpol PP, pemerintah lakukan rekrutmen dengan kontrak kerja,” katanya.

Namun demikian, Herdiat berharap di ulang tahun ini, lebih memberikan motivasi kepada anggota untuk meningkat kinerja agar Ciamis lebih baik kondosip dan terarah. (Andik/cZ-10)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com