Home » » Dinsos Jabar Gelar UPKS di Ciamis

Dinsos Jabar Gelar UPKS di Ciamis

Written By yun ciamis on 19 April 2017 | 2:53 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,-  Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat melalui Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Bidang Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial berkerja sama dengan instasi terkait dan Alumi SMA 1 Bandung mengadakan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK). 

Sasaran UPSK adalah para penyandang disabilitas dan sebagian orang tua/wali penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Ciamis,  para enyandang disabilitas ini memperoleh  pelayanan deteksi dini melalui pemeriksaan dan konsultasi medis maupun bimbingan mental sosial serta bimbingan keterampilan.


UPSK dilaksanakan di Aula Kelurahan Ciamis, Rabu (18/4/2017) kemarin, memberikan bantuan kepada ratusan penyandang disabilitas berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan alat bantu, serta bekal kemampuan untuk meningkatkan keterampilan.

Kepala Dinsos Provinsi Jawa Barat, Arifin H usai memantau langsung kegiatan UPSK kepada Ciamiszone mengatakan, pihaknya berharap dengan kegitan ini mampu meningkatkan dan memperluas jangkauan pelayanan bagi penyandang disabilitas secara lebih adil dan merata.


“Selain itu kegiatan ini juga untuk mendorong dan memotivasi semua unsur masyarakat, disiplin ilmu, dan instansi-instansi terkait agar berperan aktif dalam penanganan disabilitas. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengentasan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas yang dilakukan sedini mungkin, dengan target 500 payandang dissabilitas se Jawa Barat,” katanya.

Menurut Arifin, kegiatan kali kedua di Kabupaten Ciamis, akan mempermudah pelayanan para penyandang disabilitas, termasuk pemeriksaan rutin kesehatan mereka.
“UPSK ini ada tim dari berbagai dokter spesialis, dokter mata, tulang, THT, dan lainnya,” tegasnya.


Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Ciamis, Dodo Zakaria menyambut baik adanya UPSK, karena rekan-ekan penyandang disabilitas dapat dengan mudah mendapat pelayanan kesehatan maupun yang lainnya.

“Di PPDI Ciamis tercatat tidak kurang dari 4.500 penyandang disabilitas, namun data tersebut tak sama dengan data yang ada di Pemkab Ciamis.,” kata Dodo.

Menurut Dodo, perbedaan data memperlihatkan kurangnya pendataan di daerah.

Dodo berharap, pemerintah dapat bekerja sama dengan kelompoknya agar tak ada tumpeng tindih data, pasalnya masih banyak yang belum terdata oleh dinas terkait. (Andik/cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com