Home » » Puluhan Siswa Kejuruan Kunjungi Radio Siaran Pitaloka

Puluhan Siswa Kejuruan Kunjungi Radio Siaran Pitaloka

Written By yun ciamis on 04 April 2017 | 2:39 PM

ciamiszone.com :
JALAN JENDSUD,- Puluhan siswa dari berbagai sekolah kejuruan di Priangan Timur, mendatangi kantor Radio Siaran PITALOKA FM di Jalan Jendral Sudirman No 267 Ciamis, Selasa (4/4/2017).

Kedatangan puluhan siswa tersebut bukan untuk berdemo maupun unjuk rasa, namun mereka datang untuk mengetahui lebih dalam tentang Media Penyiaran, khususnya Radio siaran swasta.

Kedatangan siswa diterima oleh staf dan crew Radio Pitaloka dengan ramah sapa khas anak-anak radio dengan bayolan namun menyegarkan dan positif.

Menurut Station Manger Radio Pitaloka, Eka Permana, puluhan siswa tersebut untuk menjalankan kegiatan praktek lapangan sebagai salah satu pelajaran dari jurusan Multimedia dan Brocesting dii sekolah masing-masing.

“Lembaga Radio siaran itu adalah suatu media komunikasi massa elektronik yang bersifat auditif yang mengunakan ranah public (frekwensi). Selain itu, komponen radio siaran salah satunya adalah penyiar. Penyiar adalah orang yang menyampaikan informasi kepada klayak pendengar. Dan  penyiar juga dapat sebagai motivator, etalase, figure (narasumber),” katanya.


Dijelaskan Eka, sebagai seorang penyiar harus mempunyai kreteria  tertentu, contoh  seperti mempunyai suara yang merdu, mampun berbicara dengan jelas, skill (intelegensi tinggi) dan berwawasan (berpengetahuan luas).

Para siswa pun tak hanya diberikan materi pengetahuan tentang radio penyiaran pubklik, namun juga dapat langsung mengetahui bagaimana proses seorang penyiar menjalankan tugasnya, dan pengenalan perangkat lunak station radio (shopware dan hardware) yang dipandu oleh program derecter serta bagian produksi.

Salah seorang siswa asal SMK Putra Pangandaran, Rahmat Supriatdi kepada ciamiszone mengatakan, dirinya baru kali pertama datang dan melihat proses kerja sebuah lembaga penyiaran radio.


“Tenryata proses penyiaran itu susah-susah gampang. Radio sebagai ruang imajinasi, pengendar dapat diajak oleh seorang penyiar untuk berimajinasi, menurut apa yang akan penyiar katakan, dengan dapat melihat secara langsung proses kerja radio siaran ini, saya sangat senang dan tenryata betapa pentingnya informasi sekecil apapun,” katanya. (Andik/cZ-01)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com