Home » » Waspadai Flu Burung, Disnak Lakukan Penyemprotan

Waspadai Flu Burung, Disnak Lakukan Penyemprotan

Written By yun ciamis on 28 April 2017 | 2:20 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis menerjunkan tim khusus untuk melakukan penyemprotkan serentak terhadap kandang unggas dengan cairan disinvektan atau disinfeksi di wilayah yang dinilai rawan penularan penyakit unggas.

Ditemukan kasus flu bururng di wilayah kabupaten Cirebon, yang masih berlangsung, dikhawatirkan memicu perkembangan penyakit terebut sampai ke Ciamis.

"Begitu menerima kabar di wilayah Cirebon adanya kasus flu burung, kami langsung menerjunkan tim khusus untuk melakukan disinveksi atau penyemprotan kandang dengan cairan disinfektan secara menyeluruh, " kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Otong Bustomi, Jumat (28/4/2017).

Dia mengungkapkan, kegiatan disinveksi tersebut sudah dilaksanakan di beberapa kecamatan di wilayah Ciamis utara dan selatan. Selain adanya temuan flu burung di daerah Cirebon, kegiatan disinveksi dilakukan melihat kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini, karena unggas rentan serangan enyakit. Penyakit yang lebih diwaspadai antara lain flu burung atau Avian influenza (AI) serta tetelo atau Newcastle Disease (ND).

"Kami juga selalu mengimbau warga yang mendapati unggasnya mati, jangan dibuang ke kebun atau aliran sungai, karena rawan menular. Sebaiknya dibakar lalau dikubur. Warga diimbau segera melapor apabila menemukan kematian unggas yang mendadak, massal dan berkelanjutan," kata Otong.

Diakui Otong, pihaknya terus mewaspadai perkembangan flu burung yang sudah sampai di Cirebon yang dikhawatirkan menular ke Ciamis.

“Ciamis sebagai salah satu pemasok ayam potong terbesar di Jawa Barat maupun dan Jagodetabek ini akan berdampak, namun untuk ayam atau ungags yang berasal dari ciamis saya tegaskan aman dan bebas dari flu burung, pasalnya selain peenyemprotan kandang dan pemberian vasin ke setiap unggas, di jalur pendistribusian unggas keluar maupun masuk Ciamis juga diawasi, dan untuk ayam asal Ciamis dilengkapi dengan surat kesehatan dari dinas” pungkasnya. (Andik/cZ-01)*                        
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com