Home » » 129 Civitas Akademika Stikes Muhammadiyah Ciamis Dites Urine

129 Civitas Akademika Stikes Muhammadiyah Ciamis Dites Urine

Written By yun ciamis on 23 May 2017 | 5:09 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,-  Sebanyak 129 Civitas Akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis membuktikan keberaniannya melawan narkoba. Salah satu wujud nyata mereka melaksanakan Tes Urine Narkoba bekerja sama dengan BNNK Ciamis.

Tes Urine perwakilan dari mahasiswa, karyawan dan Pengurus STIKes Muhammadiyah Ciamis dilakukan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,
Selasa (23/5/2017).

Ketua STIKes, H. Dedi Supriadi, S.Sos., S.Kep. Ners., M. M. Kes. menjadi orang pertama melakukan test urine sebagai wujud nyata serta mendorong semangat seluruh Civitas Akademika untuk melawan narkoba.

Test Urine Narkoba ini juga ebagai warning bagi seluruh Civitas Akademika agar tidak sekali-kali mencoba menyalahgunakan narkoba.

Menurut  Dedi, tujuan kegiatan ini merupakan salah satu wujud pembinaan kepada mahasiswa supaya tidak terjerumus kepada penyalahgunaan narkoba serta mengandung nilai positif bagi kampus dalam menciptakan lingkungan Kampus STIKes Muhammadiyah bersih dari narkoba.

Sementara Plt. Kepala Seksi Pemberantasan pada BNN Kab. Ciamis, Aris Nuryana S.Sos menuturkan, tes urine yang digelar sebagai upaya mencegah penyalahgunaan narkotika di kalangan mahasiswa, sehingga terciptanya lingkungan kampus bebas narkoba.

Menurut Aris,  teknisnya, setiap mahasiswa menyerahkan sampel urine untuk dii periksa kandungannya. Apakah terindikasi narkotika atau tidak. Sedangkan alat yang digunakan adalah narkotika test kit sebanyak enam parameter, untuk mendeteksi berbagai jenis narkotika yaitu; kokain, morfin, amfetamin, ganja, sabu dan benzodiazepine. Benzodiazepine ini bisa mendeteksi jenis obat-obatan yang sedang dikonsumsi, apakah dari medis atau zat lainnya.

“Apabila ada mahasiswa yang terbukti mengonsumsi narkoba, maka akan dikembangkan lebih jauh, apakah hanya korban penyalahguna, pecandu atau pengedar. Bila memang pecandu, BNNK Ciamis siap memfasilitasi untuk dijangkau ke tempat rehabilitasi atau Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) terdekat, dan pengedarnya akan kita petakan jaringannya hingga terungkap siapa pelakunya,” tegas Aris. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com