Home » » Dishub Pilih Awak Kendaraan Umum Teladan

Dishub Pilih Awak Kendaraan Umum Teladan

Written By yun ciamis on 09 May 2017 | 3:51 PM

ciamiszone.com :
KERTASARI,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) sebagai bentuk penghargaan kepada profesi pengemudi kendaraan angkutan penumpang.

Menurut Kepala Dishub Kabupaten Ciamis, Ir. Nana Supriatna, pelaksanaan pemilihan Awak Kendaran Umum Teladan (AKUT) tingkat Kabupaten Ciamis berlangsung selama tiga hari mulai Senin-Rabu (8-10/5/2017) diikuti oleh 15 peserta diantaranya 10 orang pengemudi angkutan kota (Angkot) dan lima orang pengemudi angkutan perdesaan (Angdes) di Aula Dishub Ciamis.

Dijelaskannya, sebelum terpilih menjadi Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT), para peserta diberikan pengarahan, pembekalan dan pembinaan dari semjumlah pemateri yang berasal dari Dishub, Polres, Jasaraharja, Organda dan juga BNN.


“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memacu awak kendaraan angkutan umum di Kabupaten Ciamis untuk lebih memamahi peraturan-perturan berlalulintas, serta memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan umum sehingga fenomena-fenomena permasalahan yang ada saat ini dapat ditanggulangi,” kata Ir. Nana, Selasa (9/5/2017).

Menurut Nana, pemilihan AKUT yang dibuka, Senin (8/5/2017) di Aula Dishub Kab. Ciamis itu juga bertujuan untuk lebih memberikan pemahaman-pemahaman tentang tertib berlalulintas kepada awak kendaraan angkutan penumpang umum, dan mendudukkan insan awak kendaraan umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya dengan cara meningkatkan motivasi melalui pemberian penghargaan terhadap profesinya.

Sementara Kabid Lalu Lintas pada Dishub Kab. Ciamis, Drs. Agus Yani, MS.i dalam pemaparannya menekankan, para awak kendaraan dalam menjalankan aktifitasnya berlalulintas agar mengutamakan keselamatan, dengan cara disiplin mentaati peraturan lalu lintas.

“Disiplin berlalulintas bukan hanya mentaati rambu-rabu tetapi juga dengan sehat jasmani, emnghargai pejalan kaki sehingga tercipta budaya tertib, dan jangan lupa tetap berdoa,” katanya.

Ditegaskannya, kondisi kendaraan juga harus diperhatikan  kebersihan dan kelaikannya, sehingga seluruh komponen kendaraan terutama rem, ban dan lampu berfungsi dengan baik.

“Untuk lebih meyakinkannya, kendaraan harus menjalani uji laik setiap enam bulan sekali,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com